Jumat, 30 Oktober 2020

Story Telling

Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, sekolah Nadya mengadakan lomba story telling kisah nabi untuk siswa kelas 1. Mendengar hal tersebut, Nadya cukup exited. Apalagi beberapa waktu sebelumnya Nadya sempat mengikuti pelatihan story telling. Jadi kegiatan story telling ini bukan hal asing untuk Nadya. Dan Nadya dengan senang hati mengikuti lomba tersebut.
Sebagai persiapan, saya bertanya ke Nadya, cerita apa yang akan dia pilih untuk lomba tersebut. Awalnya dia masih bingung menentukan, sempat ingin bercerita tentang kisah Nabi Musa tetapi karena durasinya cukup panjang, akhirnya dipilih cerita penyerangan ka'bah oleh pasukan bergajah. Kebetulan momennya pas juga dengan Maulid Nabi. Selanjutnya, menyiapkan properti apa saja yang akan digunakan. saya cukup mancing imajinasi Nadya saja sebenernya, dan selanjutnya Nadya melanjutkan persiapannya. properti yang diginakan diantaranya adalah boneka gajah, boneka Sali (yang diumpamakan raja Abrahah), dan burung ababil serta Ka'bah yang Nadya buat sendiri menggunakan kardus. 

Setelah semua perlengkapan selesai dibuat, saya minta Nadya belajar bercerita sebelum take video. Saya bilang ke nadya take videonya mungkin akan dilakukan beberapa kali untuk kemudian dipilih yang paling bagus dan dia setuju. 

Realisasinya, take video dilakukan 3 kali dalam 3 waktu berbeda. Karena menurut saya, walaupun awalnya Nadya exited dalam mengikuti lomba, tapi jika sudah mulai under pressure, hasilnya tidak akan baik. Ini saya memposisikan diri sebagai nadya yang pastinya akan stress jika ditekan. Lagipula niat awal ikut lomba ini adalah untuk mengembangkan kesukaan Nadya dalam bercerita plus mempraktikan ilmu story telling yang telah dia dapat. Intinya sih yang penting anaknya enjoy. 

Melalui kegiatan story telling ini, kemampuan Nadya untuk berbicara makin berkembang, pedenya mulai tumbuh. Proses mengikuti lomba ini sendiri, ada perasaan roller coaster. Antara keinginan menang dan harus berusaha lebih keras, tetapi kadang bosan karena harus berlatih dan take video beberapa kali. Tapi Nadya sudah belajar bagaimana proses menuju kesempurnaan dan proses untuk meraih hasil terbaik. usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Alhamdulillah hasilnya Nadya mendapat juara 1 story telling :)

******

Nilai = 99%






0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^