Kamis, 08 Oktober 2020

Aturan - Melatih Kemandirian Anak

Sebagai bagian dari melatih kemandirian, saya menetapkan beberapa aturan untuk anak-anak. Harapannya aturan ini dikerjakan sehingga mereka tahu mereka harus melakukan apa pada waktu apa. Misalnya, bangun tidur tidak boleh langsung nonton tv, boleh main keluar setelah mandi sore, tidak boleh minum susu sebelum makan dan sebagainya. Tapi kembali lagi, aturan ini dibuat tapi juga tidak saklek dikerjakan. Masih tergantung juga pada usia anak. Aturan yang saklek untuk anak sulung, bisa jadi saya longgar untuk anak bungsu. bagaimanapun juga, usia mereka terpaut jauh, pemahaman mereka terhadap aturan juga berbeda. Yang pasti tidak ada punishment atas ketidakpatuhan terhadap aturan. Kalau reward sesekali bolehlah dikasih.

Salah satu aturan yang saya berikan untuk Umar adalah tidur siang. Untuk anak seumurnya, tidur siang ini masuk dalam kategori sangat penting dan wajib dilakukan. Karena kalau Umar ga tidur siang, jam-jam menjelang maghrib, dia sudah mulai merem. Jadi wajib hukumnya untuk tidur siang. Nah, selama wfh ini, Umar biasa tidur siang sekitar pukul 13.00, setelah saya selesai makan siang dan solat. Maunya saya sih, Umar bisa tidur sekitar jam segitu supaya setelahnya saya bisa lanjut kerja.  Namanya anak, kalau masih asik main, jadinya susah sekali disuruh tidur siang. Padahal Umar juga tahu kalau selesai makan siang, boleh nonton sebentar terus tidur. Tapi praktiknya ga semudah itu. Kecuali kalau Umar sudah ngantuk. Jadi kegiatan tidur siang ini bsia dibilang separo kesadaran Umar yang tahu bahwa jamnya tidur siang, separonya sedikit paksaan. Walaupun ga saklek, tapi aturan ini perlu ditegaskan sih. seringnya sebenenrya sudah di kamar, ngobrol bentar. Sounding-sounding terus buat tidur siang, akhirnya anaknya juga tidur. 😊

Kalau hari ini aturan tidur siang masih separo 'dipaksa', yasudahlah. Barangkali anaknya sebenernya masih ingin main dengan saya. Karena walaupun di rumah, ga sepanjang hari juga saya bisa menemani main. Yang penting sih sudah ada kesadaran waktu, bahwa di jam tersebut adalah waktu tidur siang. Palingan setiap disuruh tidur siang, Umar jadi cranky, sayanya kadang panik dan emosi apalagi kalau deket jam itu sudah ada jadwal rapat 😥


#harike 8

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia


0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^