Jumat, 02 Oktober 2020

Seperti Adek Bayi - Melatih Kemandirian Anak

Rutinitas pagi Umar hari ini dimulai merengek sedikit ketika bangun tidur. Cukup dipeluk sebentar, Alhamdulillah sudah tidak rewel. Rutinitas selanjutnya adalah minta susu. Proses pembuatan susu ini terlihat sederhana, tetapi tanpa saya sadari melatih Umar untuk independen dan memilih preferensi. dimulai dari pilihan mau minum susu atau tidak. Selanjutnya, siapa yang mau membuatkan susu. Biasanya Umar minta yang buatin saya, tidak mau dibuatkan papanya ataupun teteh. Antara memang ingin 'manja' dengan saya atau juga karena proses pembuatannya sendiri memang berbeda. Karena setiap hari melihat cara saya membuatkan susu, Umar hafal langkah-langkahnya. Mulai dari tuang sedikit air panas, air dingin, masukkan susu, tambah sedikit madu, baru diaduk. Jika salah satu langkah ada yang terlewat atau tertukar, Umar akan tahu dan protes. Di fase ini, saya menilai kemandiriannya sudah mulai tumbuh. Umar independen dalam memilih preferensinya.

Tantangannya adalah waktu minum susu. Kali ini manja maksimal. Umar ingin seperti adek bayi, minum susunya harus dipangku dan dipegangin gelasnya. Padahal saya tau pasti, Umar sudah terampil minum sendiri. Bahkan dia sudah mampu menuang air sendiri untuk minum. Khusus untuk minum susu saja, keluar manjanya. Saya merasa masih dalam tahap wajar, di fase ini anak masih ingin bermanja dengan ibunya. Manja yang masih wajar saya rasa. Walaupun sudah sering saya sounding agar dapat minum sendiri. Tapi barangkali perasaan tenang dan nyaman anak ketika berada di dekat ibunya dan diberi perhatian maksimal tidak tergantikan. Karena kemandirian bukan sesuatu yang diwajibkan, tapi perlu dilatih, untuk kasus minum susu ini, saya masih santai, Saya rasa ada nanti waktunya Umar akan mandiri minum susu sendiri. 

Untuk tantangan hari ini, saya dan Umar happy. Saya tidak terbebani dengan 'kemanjaan' nya. Umar juga merasa secure karena mendapat perhatian penuh. 


#harike 2

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia





0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^