Jumat, 09 Oktober 2020

Memutuskan - Melatih Kemandirian Anak

Salah satu hal yang saya ajarkan sebagai bagian dari kemandirian Umar adalah belajar memutuskan apakah dia akan menambah makan atau tidak. Selain kemandirian, saya merasa perlu mengajarkan kapan perutnya masih lapar atau sudah kenyang. Sebagaimana orang dewasa ya, porsi makan kita kadang tidak selalu sama. Ada kala kita butuh makan sedikit saja, ada kalanya butuh makan dengan porsi lebih besar. Saya ingin Umar dapat mengidentifikasi kebutuhan dirinya sendiri. 
Namun demikian, karena saya rasa Umar belum pada fase memutuskan porsinya dengan baik, jadi porsi makannya sudah ditentukan terlebih dahulu. Tentunya porsi rata-rata yang bisa dia makan. Selanjutnya, setelah porsi tersebut hampir habis, baru ditanya apakah Umar mau nambah makan atau tidak. Hasilnya, kalau lagi mood makannya bagus, dia akan minta nambah. Tapi seringnya merasa sudah kenyang. kadang-kadang dari porsi yang diberikan juga tidak habis.  

Disini saya menemukan bahwa anak pun butuh independensi dalam makan. dalam hal ini adalah menentukan porsi makan. Walaupun Umar badannya kecil, tetapi tidak lantas saya berambisi memberinya makan banyak supaya gemuk. No, karena setiap manusia itu unik, termasuk dalam kebutuhan makannya. Tipe Umar ini, walaupun makan banyak, ya badannya ya segitu saja, memang susah gemuk. Bagi saya yang penting memastikan asupannya saja. Jika dalam satu sesi akan, porsinya sedikit, saya usahakan untuk menambah asupan dalam bentuk kudapan. Jadi walaupun independen dalam memutuskan porsi makan, tetapi tetap dalam pengawasan. 

Pagi ini Umar makan cukup bagus, tidak mau nambah, tapi karena tadi porsi yang diambil sangat seidkit, saya tambah nasi seidkit dan Alhamdulillah tetap habis.  Saya tenang karena asupan pagi sudah terpenuhi, anak juga senang selama proses makan karena tidak ada paksaan dalam makan.

#harike 9

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia


0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^