Minggu, 04 Oktober 2020

Membuang Sampah - Melatih Kemandirian Anak

Urusan membuang sampah makanan, terlihat sepele, tetapi dampaknya besar di kemudian hari. Sering ya kita melihat orang nampak biasa saja membuang sampah sembarangan atau meninggalkan sampahnya begitu saja. Saya menduga mungkin orang-orang ini tidak bisa atau dibiasakan sejak kecil untuk membuang sampah pada tempatnya. Karena saya ingin anak-anak tidak berlaku demikian, saya mengajarkan anak-anak saya untuk belajar membuang sampah pada tempatnya.

Sejak Umar bisa memegang makanan sendiri, saya selalu sounding untuk membuang sampah sisa makanannya di tempat sampah. Tidak cukup sounding, saya harus mengantar Umar ke tempat sampah supaya dia mau membuang sampahnya. Tapi tidak selalu berhasil, seringnya Umar malas jalan ke tempat sampah, walaupun sudah diajak dan ditemani untuk buang sampah. Anak ini kalau ditanya sebenernya tau, kalau selesai makan sampahnya dibuang di tempat sampah. Penyakitnya memang malas. Karenanya, sayanya yang ga boleh malas mengingatkan. Plus ada kakak yang selalu mencontohkan :)

Untuk hari ini, Alhamdulillah Umar dengan mandiri membuang sampah bekas makanannya tanpa disuruh. Jadi selesai makan, dengan kesadaranya dia membuang sampah sendiri. 

Ke depannya, kebiasaan seperti ini akan terus dialtih dan diingatkan. Ketika Umar sedang 'malas', yasudah diabaikan saja. Yang penting terus disounding dan dilatih. Insya Alloh lama-lama akan menjadi kebiasaan baik. 


#harike 4

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia




0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^