Senin, 12 Oktober 2020

Aturan Berbicara - Melatih Kemandirian

Seringkali, anak-anak meminta sesuuatu dengan merengek. Seolah rengekan itu menjadi senjata bagai anak-anak untuk meminta sesuatu. Sayangnya, saya dan suami sudah memutuskan untuk tidak mudah luluh pada rengekan. Bagi kami lebih baik mendengar rengekan saat ini daripada di kemudian hari anak-anak memudahkan diri menggunakan rengekan sebagai senjata untuk meminta sesuatu. Kami pun mengajari bahwa tidak semua yang mereka inginkan itu dapat terpenuhi. Salah satunya adalah belajar bagaimana meminta dengan baik.
Sebagai anak yang saat ini bungsu, Umar cenderung lebih kolkan. sedikit-sedikit merengek, merajuk. Alhamdulillah saya mendapat kata kunci, jadi ketika Umar meminta sesuatu dengan merengek, maka saya akan bilang, 'ayo coba bilangnya yang bagus gimana'. Kemudian dalam sekejap, Umar berganti mimik muka manis dan berbicara dengan manis menyampaikan keinginannya. 

Tantangannya adalah ketika keinginannya itu sedang tidak bisa dipenuhi. Misalnya dia minta ijin main di luar rumah. Karena hari sudah siang, kami ga mengijinkan Umar main di luar. Biasanya sih, setelah berbicara manis, dia akan merengek. Kalau sudah begini, ga mempan lagi diminta berbicara bagus. Ganti strategi dengan pengalihan kegiatan. Kalau tidak diijinkan main di luar rumah, cari alternatif permainan yang bisa dilakukan di dalam rumah dan dia setuju. Ga lama sih, moodnya bisanya sudah bagus lagi.

Rencana ke depan, kata kunci 'ayo bilangnya yang bagus'  masih akan tetap diterapkan. Sambil terus mengajari Umar bahwa tidak semua keinginannya itu dipenuhi walaupun dia sudah bicara bagus. Termasuk didalamnya mulai mengajarkan positif dan negatif permintannya yang Umar sampaikan plus kenapa permintannya itu ditolak. 

Sebagai langkah awal, cara seperti ini membuat Umar terlatih berbicara dengan baik. Makin kesini Alhamdulillah semakin mudah. Karena berbicara baiknya dimulai dnegan senyum, biasanya moodnya membaik setelah mulai senyum. Jadi gestur positif  akan memperbaiki moodnya, bonusnya saya happy dong kalau anak-anak meminta sesuatu dengan bahasa yang baik.

#harike 12

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^