Minggu, 11 Oktober 2020

Gunting Pertama - Melatih Kemandirian

Hari ini Umar mengikuti kelas online pertamanya. Materi hari ini adalah membuat mobil pemadam kebakaran dari karton bekas susu. Bayangan saya, nanti saya bantuin gunting-gunting, Umar tinggal tempel-tmepel saja. Tapi bayangan ga sesuai dengan kenyataan karena anak piyik lebih tertarik gunting-gunting. Awalnya saya ngeri liat Umar pegang gunting, tapi ya bismillah aja, dengan pengawasan ketat saya ijinkan Umar menggunting sendiri hiasan untuk mobilnya. Hasilnya ga terlalu buruk, Umar ternyata paham bagian mana saja yang harus digunting, ya walaupun hasil guntingannya belum rapi sama sekali.

Temuan saya hari ini adalah belajar mempercayai anak. Belajar mempercayai anak ini merupakan pondasi  melatih kemandirian. Yang ditekankan adalah bukan hasil akhir, tetapi bagaimana menumbuhkan percaya diri pada anak. dengan bekal percaya diri, harapannya anak akan mandiri. Tantangan dalam temuan kali ini adalah kompetensi soft skill yang dimiliki Umar memang belum sampai tahap menggunting. Tapi sebagai awalan cukup oke lah, tentunya masih harus dilatih kembali. Kedepannya, saya akan terus belajar memberikan kepercayaan kepada anak supaya kemandirian terus terlatih.

Belajar kemandirian hari ini Uamr sangat exited dapat ijin menggunting-gunting. Saya juga happy karena Umar percaya diri melaksanakan kegiatannya. 

#harike 11

#tantangan15hari

#zona2kemandirian

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^