Senin, 14 September 2020

Trust - Komunikasi Produktif

Senin ini, anak gadis mulai ujian PTS pertamanya di kelas 1. Qodarullah hari ini saya harus ke kantor, yang berarti suami saya juga ikut ke kantor, buat antar  saya :p. Dan artinya juga, di hari pertama ujian ini, anak gadis ga ditemani siapapun. Karena ujiannya daring, saya agak worry masalah teknis saja. Normalnya, anak gadis sudah bisa buka laptop sendiri, buka zoom, google classrom, google form. Insya Alloh sudah bisa mengoperasikan sendiri, tapi yang dikhawatirkan adalah jika ada kendala teknis di luar itu. Teteh pengasuh sudah pasti tidak bisa membantu banyak. Bismillah aja, insya Alloh lancar.

Dari beberapa hari sebelumnya, saya sudah sounding ke anak gadis kalau hari pertama ujiannya nanti terpaksa tidak bisa kami temani. Saya sounding untuk tetap pede walaupun ga ditemani, ga usah khawatir dengan kendala teknis karena hp insya Alloh akan selalu stand by, teliti mengerjakan soal karena biasanya suka kelewat soalnya. Sejujurnya, di satu sisi saya ada kekhawatiran meninggalkan anak gadis di ujian pertamanya, terutama terkait teknis ujiannya. Tapi di sisi lain, saya harus memberikan kepercayaan kepadanya bahwa dia mampu.  Model anak gadis ini, jika diberi kepercayaan, percaya dirinya meningkat drastis, semangatnya langsung membara. 

Dan Alhamdulillah ujian hari ini, dapat diselesaikan dengan baik. Muali dari zoom jam 7, lanjut 2 mata uji, semua dikerjakan dengan tertib dan baik. Tak banyak kendala. Alhamdulillah juga karena menggunakan google form, langsung kliatan scorenya. Dan anak gadis mendapat nilai maksimal untuk ujian hari ini. 

Poin komunikasi hari ini adalah setelah melakukan komunikasi produktif, anak dapat menerima apa yang kita sampaikan, jangan lupakan trust kepada anak. Oh ya, keberhasilan hari ini juga hasil komunikasi baik juga dengan teteh pengasuh. Walaupun secara teknis, teteh tidak bisa mengoperasikan laptop, tapi kemarin kami briefing untuk tetap stand by hp nya, jagain anak bujang supaya tidak ganggu anak gadis. Dan tentunya sejak dia bekerja, baru kali ini teteh ditinggal di rumah bersama anak-anak, briefingnya jadi agak lebih panjang. Tapi alhamdulillah smeua dapat bekerja sama dengan baik :)


Bintang : *****


#harike-12
#tantangan15hari 
 #zona1komprod 
#pantaibentangpetualang 
#institutibuprofesional 
 #petualangbahagia

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^