Jumat, 11 September 2020

Satu Teladan Lebih Baik Daripada 1000 Nasihat - Komunikasi Produktif

 Tiga bulan pertama pandemi, anak-anak dikurung di dalam rumah. Iya, dikurung dalam arti sebenarnya, mereka ga boleh keluar rumah sama sekali. Area bermain mereka hanya di dalam pagar rumah. Belakangan ini, setelah aturan mulai longgar, anak-anak mulai bermain di luar pagar. Namun tentu saja ada aturan main yang harus mereka patuhi diantaranya adalah penggunaan masker saat keluar rumah. 

Bagi anak gadis, ketika saya menyampaikan pesan agar masker dipakai, relatif lebih mudah diterima dan dikerjakan. Tapi bagi anak bujang, menggunakan masker sepanjang bermain menjadi drama sendiri. Masker cuma dipakai sebentar, setelah itu dilepas. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan menceritakan bahaya corona, sekaligus mencontohkan setiap keluar rumah, kami selalu pakai masker. Perlahan, anak bujang memahami seklaigus menjadikan sesuatu yang biasa ketika keluar rumah memakai masker. Selanjutnya, membriefing anak-anak untuk selalu mencuci tangan setelah bermain di luar. Hal ini juga kami contohkan pula, setiap sehabis keluar rumah kami akan cuci tangan bahkan mandi dulu sebelum menyentuh apapun. Lama kelamaan anak-anak terbiasa dan paham. 

Ada benarnya pepatah yang menyebutkan satu teladan lebih baik daripada 1000 nasihat. Ketika kita sudah memberikan contoh, anak akan lebih mudah memahami apa yang ingin kita sampaikan. Beribu kata yang kita keluarkan tanpa teladan satupun, hanya menjadi angin kosong.

Tantangan dalam komunikasi kali ini adalah, terkadang tanpa kita sadari, kita terlalu banyak bicara dan menuntut anak untuk dapat melakukan ini itu. Tapi di satu sisi, kita tidak pernah melakukan apa yang kita sampaikan. 

Ke depannya, saya harus sering-sering bercermin dan melihat ke dalam diri saya, apakah yang saya sampaikan ke anak-anak itu sudah saya kerjakan terlebih dahulu atau belum. Jangan sampai kita berbicara sesuatu yang tidak kita kerjakan.

Bintang : ****

#harike-9
#tantangan15hari 
 #zona1komprod 
#pantaibentangpetualang 
#institutibuprofesional 
 #petualangbahagia


0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^