Kamis, 10 September 2020

Mendengar - Komunikasi Produktif

Teknik terpenting dalam berkomunikasi adalah mendengar. Mendengar lawan bicara dengan penuh perhatian akan lebih baik daripada banyak bicara dan kurang terampil mendengarkan. Alhamdulillah, saya dikaruniai seorang anak gadis, yang secara fitrahnya memiliki kemampuan untuk mengeluarkan dua puluh ribu kata sehari. Sepanjang hari selalu ada bahan untuk diceritakan. 

Sore ini, anak gadis dengan penuh antusias menceritakan perkembangan projectnya mengajak teman-temannya untuk membuat kegiataan penyambutan selesai corona. Project ini ide orisinal anak gadis sejak pandemi dimulai. Tapi baru kemarin dia mengumpulkan dan mengajak teman-temannya untuk bergabung. dalam dua hari ini, banyak sekali yang dia ceritakan. Jika anak gadis sudah cerita begini, saya lebih banyak mendengarkan saja. Mendengarkan dnegan sungguh-sungguh tentu, menatap matanya, berpura-pura antusias mendengar ceritanya, sambil menambahkan satu dua pertanyaan yang membuat ceritanya semakin menggebu. Hasilnya, kepercayaan diri anak gadis akan semakin meningkat, tentunya ini akan berdampak positif untuk komunikasi selanjutnya. 

Bayangkan saja jika di saat anak gadis sedang bercerita dengan semangat, saya justru malas mendengarkan atau acuh. Kepercayaan dirinya akan menurun sehingga secara tidak langsung saya akan bertanggung jawab atas matinya ide-ide orisinalnya. Mendengarkan memang menjadi tantangan sendiri. Apalagi di saat lelah, sementara anak gadis sedang butuh untuk didengarkan, Padahal terkadang hal yang dia sampaikan itu tidak terllau penting, paling tidak menurut saya. Jika demikian, paling saya meminta pengertiannya untuk menunda sementara apa yang ingin dia sampaikan sampai saya merasa siap mendengarkan. Atau meminta tolong suami untuk mendengarkan anak gadis. Yang penting bagi anak gadis adalah ada yang mendengarkan perkataannya serta menanggapi dengan positif. 

Ke depannya, saya harus belajar untuk mendengarkan dengan baik, memelihara kontak mata dengan baik, serta menanggapi obrolan obrolan dengan positif. 

Bintang : ****


#harike-8
#tantangan15hari 
 #zona1komprod 
#pantaibentangpetualang 
#institutibuprofesional 
 #petualangbahagia

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^