Minggu, 13 September 2020

Sibling Rivalry - Komunikasi Produktif

Punya dua anak yang selisih umurnya agak jauh, ga berarti ga ada pertengkaran sama sekali. Sekali dua kali, dua anak ini masih berebut. Yaa, walau bagaimanapun si kaka juga masih anak-anak, yang ga bisa selalu mengalah.
Hari ini, kasusnya dua anak ini ribut karena kakak berkali-kali bilang ke adek supaya nontonnya jangan dekat-dekat. Mungkin karena kakak moodnya juga lagi ga bagus, jadinya ngomel-ngomel ke adek. Adek yang ga suka diomelin, akhirnya rewel ga keruan.  Karena adek sudah rewel, saya atasi dulu adeknya. Saya gendong adek sambil bertanya lembut dan menjaga kontak mata dengannya.

Saya; "adek kenapa nangis?"
Adek : " kakak ni" (adek marah)
Saya: " Kakak tadi cuma mau kasih tau adek, kalau nonton jangan deket-deket, nanti matanya sakit. Adek ngerti?"
Adek : "ngerti"
Saya :" Yaudah, sekarang adek maunya apa?"
Adek : " Mau minum susu"
Saya : " Ayok, bikin susu"

Setelah minum susu,adek mulai tenang. Moodnya langsung bagus dan ceria lagi. Selanjutnya, kembali nonton tv bersama kakak, tanpa drama lagi..Alhamdulillah..

Tantangannya, mood anak suka berubah-ubah drastis. Kadang dengan cara begitu aja bisa selesai, tapi kadang udah sabar kaya apa, anaknya masih  rewel aja. Ujungnya mood saya yang ikutan jelek :D. 

Rencana besok, masih akan tetap menggunakan pendekatan yang sama kalau adek rewel, tapi harus ditambah stok sabar dan lembutnya :) Oh ya, untuk kakak, biasanya cukup dipeluk sambil ngobrol santai aja, sambil dinasehati. Kalau kakak karena sudah cukup besar juga, jadi sudah paham dan ga mudah rewel.  

Bintang :*****

#harike-11
#tantangan15hari 
 #zona1komprod 
#pantaibentangpetualang 
#institutibuprofesional 
 #petualangbahagia


0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^