Rabu, 04 November 2020

Ujian Hapalan

Selesai menyelesaikan hapalan An Naba', Nadya diperbolehkan untuk mendaftar ujian. Kata gurunya untuk mendapat jadwal ujian dari ustadz agak lama karena antreannya panjang. Qodarullah ketika kemarin saya kontak ustadz untuk minta jadwal ujian Nadya langsung dapat jadwal pagi ini pukul 7.30. Karena bertepatan dengan pelajaran tahsin, saya berencana untuk meminta geser jadwal video call tahsin ke guru Nadya. Selain itu,dari semalam, saya sudah mempersiapakan Nadya untuk ujian hari ini. Rencananya malamnya saya memang tidak mengulang hapalan. Biar Nadya relax dan tidak menjadikan ujian ini sebagai beban. Jadi kami ngobrol santai saja untuk mempersiapkan ujian kelulusan hapalan. Sejujurnya saya cukup deg-degan karena ini ujian pertama Nadya plus khawatir Nadya grogi karena belum kenal dengan ustadznya. 

Realisasinya, ujian hapalan berjalan lancar melaui media zoom. Walaupun terlambat sekitar 10 menit. Nadya cukup lancar mengulang hapalannya plus lancar melanjutkan pengalan ayat yang merupakan salah satu mata uji dalam ujian tersebut. Ujian berlangsung sekitar 15 menit dan nadya dinyatakan lulus serta boleh melanjutkan hapalan ke surat berikutnya. Selanjutnya saya juga sudah berkomunikasi dengan guru tahsin Nadya supaya jadwal video call tahsinnya belakangan saja. Alhamdulillah gurunya setuju. Jadi setelah selesai ujian hapalan, tidak selang lama jadwal video call tahsin. 

Alhamdulillah rencana pagi ini berjalan lancar semua. Saya yang deg-degan selama ujian, tapi anaknya malah santai. Jadi pelajaran sih buat saya untuk tidak terlalu khawatir dan percaya saja pada kemampuan anak. Berikan anak kepercayaan agar kelak dia akan mandiri. Plus ajari juga anak untuk menerima kegagalan karena dalam hidup ini tidak smeua isinya adalah keberhasilan. Ini saya katakan ke Nadya, kalaupun tidak lulus hapalan, tidak mengapa karena yang penting adalah tetap menghapal.



****

nilai : 98%



0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^