Selasa, 03 November 2020

Menghapal

Salah satu kegiatan belajar di sekolah Nadya adalah menghapal surat Al Qur'an. Kegiatan menghapal sendiri sebenenrya bukan hal yang asing bagi Nadya. Jika di TK dimulai dari surah An Nas, di SD ini dimulai dari surah An Naba'. Walaupun merupakan kegiatan belajar di sekolah, tapi saya merasa tetap harus mendampingi Nadya dalam kegiatan menghapal. Rencananya muroja'ah hapalan akan dilakukan setiap malam ba'da Isya. Saya bertugas menyimak hapalannya. 

Aktualnya, terkadang muroja'ah tidak dapat dilakukan setiap malam. Faktornya karena saya masak, atau Nadya ngantuk, atau distraksi lain seperti Umar rewel. Walaupun masih bolong-bolong, kami masih mengusahakan untuk tetap konsisten menghapal. Jika tidak dapat menambah satu ayat, paling tidak mengulang bacaan yang sudah dihapalkan. Dengan pendampingan seperti ini, saya merasa Nadya lebih semangat menghapal. Setiap jamnya muroja'ah, andya tampak antusias dan tidak ogah-ogahan. Poinnya juga saya tidak menetapkan target banyak untuk hapalannya, yang penting adalah tetap konsisten dan bergembira dalam menghapal. 

Refleksi dari kegiatan ini adalah selain tentunya menambah jumlah hapalan, Nadya belajar untuk konsisten dalam melakukan sesuatu. Konsisten dan rutin. Harapannya semnagat menghapal ini bukan karena mengharap nilai bagus di sekolah saja, tetapi tentunya mengharap rahmat Alloh.

*****

Nilai : 89%


#harike6

#tantangan15hari

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^