Kamis, 04 Februari 2021

Besar dan Kecil

Tema Zona 6 Bunda Sayang ini adalah Stimulasi Kecerdasan Matematika dan Finansial. Rencananya di zona ini saya fokus dengan Umar. Di umurnya yang masih 3 tahun, tujuan yang ingin dicapai adalah mengenalkan kosep dasar Matematika, seperti bentuk geometri, konsep besar-kecil,panjang-pendek, tinggi rendah, berhitung sederhana, dan beberapa kegiatan dasar lainnya. Untuk stimulasi finansial, rencana melalui membaca saja dan pengenalan menabung koin.
Hari pertama ini, rencananya saya mau bermain konsep mengelompokkan. Umar lagi senang bermain mobil-mobilan. Di saat Umar bermain ini, saya mulai masuk mengajari konsep matematika. Awalnya saya pancir Umar untuk mengelompkkan mobil berdasarkan warnanya. Tapi anaknya cuek aja, ga gubris saya, malah asyik melanjutkan bermain. Sore ini ternyata Umar fokus bermain dengan mainan karakter polisi dan petugas pemadam kebakaran. Plus siangnya Nadya membuat rumah-rumahan sederhana dari kardus bekas. Kardusnya sudah kotak, jadi Nadya tinggal membuat pintu dan jendela. Jadilah rumah boneka, yang pas banget buat jadi rumah mainan karakter Umar. Nah karena Umar fokus masukin mainan karakter ke rumah tersebut, saya beralih mengajarkan konsep besar kecil. Saya ceritakan ke Umar bahwa pintunya besar, jendelanya kecil. Mainannya muat masuk di pintu besar, tapi ga muat kalau di jendela yang kecil. Dan Masya Alloh ya, diajarin kalai mainannya ga bisa masuk lewat jendela, eh Umar malah tertantang masukin mainan lewat jendela yang kecil. Caranya mainannya dimiringin. haha.. Dalam hati saya bertanya-bertanya, ini anak jadinya paham ga ya mana besar mana kecil. 

Rumah-rumahan dan mainannya






Yaa mungkin baiknya di kesempatan lain diulang lagi saja, untuk memastikan bahwa Umar paham konsep besar dan kecil ya.. :)
****

#harike1
#tantangan15hari
#zona6stimulasimatematikafinansial
#pantaibentangpetualang
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^