Kamis, 28 Januari 2021

Aliran Rasa Zona 5

Alhamdulillah selesai di zona 5 ini. Zona ini sesungguhnya sangat challenging. Di luar kurikulum Bunsay ini, project literasi sudah kami lakukan, terutama dari Nadya balita. Di umur 7 tahun, stimulasi literasi ini meningkat, dimulau dari Nadya balita adalah read a loud, selnajutnya Nadya belajar membaca, saat ini Nadya mulai menulis. Untuk Umar, masih di level read a loud. Tantangan kali ini cukup berdampak ke Umar. Dari awalnya ogah-ogahan dibacakan buku, saat ini Umar muali tertarik. Bahkan kadang-kadang dia pura-pura membaca. Sambil membawa buku, dia mulai berceloteh 'pada suatu hari...' atau kadang-kadang membaca gamabr, ceritanya sesuai imajinasi saja. Perkembangan yang cukup siginifikan menurut saya.

Sayangnya, di zona ini saya belum maksimal memberikan stimulus kepada anak-anak. Dari awal mulai tantangan, anak-anak dalam kondisi tidak fit dan kami sedang dalam persiapan kembali dari Sulawesi ke Bekasi. Lanjut saya yang kecapean. Berlanjut lagi tumpukan pekerjaan yang pending selama saya cuti panjang. Hal-hal tersbeut cukup berdampak pada kurang maksimalnya saya dalam mendampingi anak-anak.

Namun dmeikian, proses stimulasi tidk berhenti di akhir tantangan. Project literasi Nadya yang semula menjadi project di tantangan ini akan tetap dilanjutkan. Karena dari awal memang sudah kami rencanakan, sekalipun tidak bertepatan dengan tantangan di Bunsay ini. Selanjutnya, untuk Umar metodenya masih read a loud, tetapi dengan menambah ragam bacaan. Jika semula hanya beberapa jenis buku, saya mulai menambah ragam buku yang akan dibaca Umar. 


0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^