Sabtu, 16 Januari 2021

Membaca Gambar

Karena Nadya ingin rehat dari projek menulisnya, hari ini saya fokus pada Umar. Ketertarikan Umar ini berbeda dengan Nadya. Jika di umur 3 tahun Nadya gemar dibacakan buku yang ada tulisannya, tidak demikian dengan Umar. Umar merasa bosan jika dibacakan buku, walaupun tulisan bukunya sedikit. Umar lebih tertarik 'membaca' lewat gambar. jadi dari gambar, dia lebih suka mendengar dongeng bergambar. Alhasil buku dengan tulisan apapun, akan berubah menjadi dongeng ketika saya membacakan untuk Umar. Selain itu, Umar juga lebih tertarik dengan buku-buku yang bergambar hewan. Kebetulan di rumah ada beberapa judul buku bergambar hewan. Sebagian besar buku yang dibcakan untuk Umar ya yang bergambar hewan saja. Tapi balik lagi, untuk tulisan Umar ga terllau tertarik  untuk dibacakan. Jadinya segala jenis buku, yang penting ada gamabrnya, bisa saya 'bacakan' untuk Umar. Buku ensiklopedi hewan menajdi salah satu favorit Umar. Tentu saya tidak membacakan tulisannya. Tapi cukup menunjukan nama hewannya saja. Atau hari ini, Umar memilih buku bergambar gajah, dengan tulisan yang cukup banyak. Dia tidak tertarik jika dibakan ulisan, tetapi lebih tertarik didongengin sgambarnya. Misal, gambar gajah lagi dikurung, kemudian saya cerita kalau gajahnya sedang berada di tempat sirkus makanya dikurung. Kemudian ada gambar gajah bermain air, maka saya bercerita bahwa gajah suka main air sehingga gajah suka berenang. ketiak membacakan ini, nadya seringkali nyambung juga. Karena Nadya sudah isa membaca buku dengan tulsian yang panjang, nadya sudah paham isi bukunya. Kemduian nadya akan menambahkan cerita tentang gajah sesuai yang dia baca di buku tersebut. 

Jadi kegiatan hari ini, kami membaca bersama. Alhamdulillah anak-anak terutama Umar juga hepi. Dan hari ini saya cukup tercengang ketika Umar mulai 'membaca' buku dengan bahasanya. Dia membaca gambar yanga da di buku kemudia mulai merangkai cerita dengan bahasanya. Belum bisa dikatakan menjadi cerita utuh sih, tapi suatu kemajuan bagi Umar yang mulai berimajinasi dan merangkai kalimat. Alhamdulillah. semangat membaca ya Umar :)






0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^