Jumat, 31 Agustus 2012

Kertas Surat dan Amplop


Secara tidak sengaja, saya menemukan benda tersebut di laci kamar saya di rumah Magelang. Ceritanya sih lagi cari kertas untuk menulis surat singkat (lebih tepatnya pesan singkat kali ya). Jadi saya itu mau kirim bingkisan, nah biasanya kan ada semacam ucapan atau pesan singkat gitu kan di dalam bingkisan tersebut. Ketika buka laci, nongol benda itu.  Cucoklah menulis pesan singkat di kertas cantik itu.. Kertas surat dan amplopnya.. Iya, benda tersebut adalah salah satu koleksi saya di jaman baheula'.. Jaman dulu, sebelum marak internet, belum ada hp, surat menyurat sempat menjadi tren. Dulu saya sering juga sih surat-suratan dengan sepupu saya. Belum pernah sampai punya sahabat pena sih, tapi hal tersebut cukup untuk saya suka koleksi kertas surat. 

Surat-suratan ini menjadi salah satu sarana belajar  saya untuk menulis. Saya inget bener, pas jaman SD, mama bilang, rajin-rajin belajar nulis surat gini, nanti suatu saat bakal butuh banget ketrampilan nulis begini. Redaksinya lupa sih gimana, tapi intinya begitulah. :DD  Saya itu mulai belajar nulis surat kalo ga salah sejak SD kelas 1 atau 2 gitu.Tulisannya masih acak adut. Namanya juga kan masih belajar nulis ya.. Surat-suratannya ya sama sepupu saya itu. Isi suratnya sih paling tanya kabar, trus tanya kabar eyang, tanya kapan main lagi, bilang kangen, dll. Fyi, sepupu saya itu tinggal di Jakarta, sementara saya tinggal di Magelang, ketemunya kalo pas liburan sekolah aja. Jadi komunikasinya ya via surat itu..Kalo dipikir-pikir lucu juga ya, dua anak kecil surat-suratan gitu..hihi..

Setelah liat benda itu, rasanya kangen, pengen surat-suratan lagi. Ada rasa yang beda ketika bercerita lewat surat.Menulis kesemua itu dengan tulisan tangan. Menulisnya harus pelan-pelan dan dibuat sebagus mungkin biar tulisan terbaca. Terus melipat kertas surat dengan secantik munngkin, memasukkannya ke amplop, menulis nama dan alamat tujuan, menempelkan perangko, trus ke Kantor Pos untuk mengirimkannya. Dan harap-harap cemas menunggu kapan balasan surat itu akan datang. Sweet banget ya.. :')

Dan sekarang, seiring perkembangan teknologi, surat-suratan gitu udah ga jaman banget ya. Boro-boro nulis surat, ada juga  kalo mau kirim pesan,  via sms atau bbm yang bahasanya singkat dan padat (jelasnya belum tentu sih). Kalo mau cerita-cerita agak panjang via email atau chatting. Rasanya bedaa banget kalo semua itu dilakukan dengan tulisan tangan.Beda dunk tulisan tangan dan tulisan komputer..Ah, saya jadi bertanya-tanya apakah generasi anak cucu kita nanti masih mengenal yang namanya kertas surat, amplop dan perangko...? Atau jangan-jangan nanti mereka lupa bagaimana cara menulis dengan tangan..

 


2 komentar:

  1. aku dulu juga ngoleksi kertas-kertas cantiik
    trus dituker-tukerin juga sama punya temen
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...samaa...
      sekrang udah ga jaman ya koleksi kertas gitu..
      dan sekrang sih entah dimana kertas2 itu..

      Hapus

tinggalkan jejakmu disini ^^