Sabtu, 06 Februari 2021

Menghitung 1-5

Kegiatan stumulasi hari ini adalah hasil kolaborasi dengan Nadya. Kami berdua membuat es krim dari kardus. Rencananya, mainan es krim ini akan digunakan sebagai media stimulasi Matematika untuk Umar. Stimulasi yang diberikan hampir sama dengan kemarin, yaitu belajar berhitung 1 sampai dengan 5.

Permainannya adalah Umar akan berpura-pura menjadi penjual es krim dan saya menjadi pembelinya. saya akan mengatakan ke Umar mau membeli  sejumlah eskrim. Harapannya, ketika saya mengatakan satu buah es kri, Umar akan memberikan 1 es krimnya. Ketika saya meminta dua buah es krim, maka Umar akan memberikan dua buah, dan selanjutnya sampai maksimal 5 buah eskrim. Kenyataannya, permainan ini hanya sampai pada saya meminta dua buah es krim saja, Selanjutnya Umar malas mengambilkan jumlah es krim yang saya minta. haha.. Ganti rencana. Kemudian saya minta Umar menghitung jumlah es krim yang di jual, sambil mengenalkan angka 1 sampai dengan 5. Dan permainan ini hanya berlangsung sampai angka 4 saja, Umar bis amenghitung es krimnya sampai 4, karena setelah empat langsung lompat ke 7. Selanjutnya Umar main sesuai keinginannya sendiri. 


Umar hepi dengan permainan ini. Kadang-kdang dia memang suka bermain pretend playing gitu. Terkait stimulasi matematikanya, yasudahlah, Sedikit-sedikit saja, memang anaknya agak susah diajak belajar. 

Sebenarnya selain stimulasi ke Umar, permainan sekalian stimulasi Matematika ke Nadya. Permainannya sama, jual beli es krim. Hanya saja kalau Nadya, mulai belajar mengenal uang dan penjumlahan-pengurangan. Misal harga es krim 5 ribu, saya akan beli 5 buah, harga es krimnya jadi berapa. Terus kalau uangnya 50 ribu, kembalinya jadi berapa. Jadi permainan ini sekaligus stimulasi dengan dua anak. Alhamdulillah berdua hepi

Bintang : *****

#harike3
#tantangan15hari
#zona6stimulasimatematikafinansial
#pantaibentangpetualang
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^