Jumat, 05 Februari 2021

Sortir dan Hitung

Hari ini Umar bermain dengan biji congklak. Biji congklaknya ini warna warni. Kali ini permainannya ada menyortir warna. Umar akan memilih warna biji yang sama, kemudian dikumpulkan menjadi satu. Disini, Umar belajar konsep mengelompokkan, yaitu mengelompokkan warna yang sejenis. 

Praktiknya, Umar hanya mengumpulkan biji congklak warna kuning saja. Untuk warna lain, Umar sudah mulai bosan. Walaupun hanya satu warna, saya rasa Umar sudah cukup paham konsep dasar mengelompokkan dan menyortir. Dari sekian warna biji congklak, mar paham bahwa hanya warna kuning saja yang bisa dia ambil. 

Selanjutnya, permainan belum usai. Umar berimajinasi bahwa biji congklaknya adalah mobil. Umar berpura-pura jualan mobil. Saya pancing untuk beli mobil warna merah. Maka Umar akan mengambilkan biji warna merah. Selanjutnya, saya tanya ini ada berapa mobilnya? Umar menjawab ada satu. Kemudian saya meminta mengambilkan satu lagi warna merah, dan Umar pun akan mengambilkan lagi. Sampai pada biji ketiga, saya bertanya kepada Umar berapa jumlah mobilnya? Dan Umar menjawab dengan benar ada tiga. Untuk nominal di atas tiga, Umar belum paham. Hmm..antara belum paham atau sudah bosan menjawab pertanyaan tentang jumlah sih.

Baiklah, jadi hari ini pengenalan konsep dasar sortir dan hitung. Jika hari ini, baru mengelompokkan satu warna dan berhitung sampai tiga. Selanjutnya, semoga bisa ditambah kuantitasnya.






*****

#harike2
#tantangan15hari
#zona6stimulasimatematikafinansial
#pantaibentangpetualang
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^