Kamis, 10 Desember 2020

Demotivasi

Baru beberapa hari menjalani PAS, nadya sudah angot-angotan belajar. Dia memang suka ujiannya, tapi ga suka belajarnya. Dasarnya nih anak moody, kalau lagi mood belajar ya bakal lama belajarnya..tapi kalau lagi malas, belajar sebentar juga udah manyun. 

Terlepas dari itu semua, saya akui seben
ernya Nadya sudah menguasai pelajarannya, jadi inilah yang membuat malas belajar. Namun demikian, demotivasi ini adalah PR tersendiri. Poinnya adalah belajar bukan untuk sekedar mendapat nilai bagus, tapi menguasai apa yang dipelajari. Jadinya sepanjang Nadya sudah mengausai pelajaran, saya tidak akan memaksa nadya utnuk tetap belajar. Alhasil selama PAS ini anaknya banyak main :D

Intelectual Curiocity
Dengan mencicil belajar, beban belajar ketika PAS menjadi ringan. Karena sebelum ujian pun, Nadya sudah menguasai kompetensi yang akan diujikan. Bukan sekedar menguasai, goalsnya adalah memahami.

Art of Discovery
Ketika bosan, Nadya lebih suka belajar dengan latihan menjawab pertanyaan. Atau saya tes melalui tanya jawab. 

Creative Imagination
Untuk memancing mood belajar, hari-hari selama PAS ini nadya lebih banyak membuat kreativitas. Baginya berkreasi itu membuat hatinya senang, yang ujungnya dapat lebih semangat belajar.

Noble of Attitude
Walaupun sudah belajar, dalam mengerjakan ujian Nadya tidak selalu mendapat nilai sempurna. Tapi tidak mengapa karena yang terpenting adalah kejujuran.

Refleksi
Sebagai seroang moody, mood berpengaruh penting dalam semangat belajarnya. Di waktu tidak mood, diminta belajar hasilnmya ga akan bagus. Sudahlah manyun, materi pelajaran tidak masuk. Tapi kalau sudah mood, diajari sebentar sudah paham plus biasanya berkembang kemana-mana. 

#harike 15

#tantangan15hari

#zona4gayabelajarstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^