Selasa, 30 Oktober 2012

Saya dan Bahasa Jawa

Bicara tentang bahasa Jawa, jujur sebenernya saya jadi malu sendiri. Terlahir sebagai seorang Jawa, orang tua asli Jawa, lahir di Jawa, besar di Jawa, tidak menjamin saya pandai berbahasa Jawa. Aneh? Memang, dan begitulah kenyataannya. Pernah suatu saat, saya berbicara dalam bahasa Jawa, eh teman saya malah komentar, "Nis, kamu aneh banget sih ngomong Jawa gitu".  Bengong saya dibilang demikian..-_-"

Itu kejadian sekitar 6 tahun lalu, awal masuk kuliah. Selanjutnya, 6 tahun tinggal di Jakarta. Anehnya, justru 6 tahun di Jakarta ini, alih-alih ngomong ber elo gue, saya malah makin medok. :D Pengaruh lingkungan sih. Teman-teman di kampus banyak orang Jawa, tapi waktu itu, saya masih susah juga kalo berkomunikasi dengan bahasa Jawa. Jadi, saya itu paham sih diajak ngobrol dengan bahasa Jawa, tapi saya susah kalo berbicara Jawa. Selain loadingnya lama, lidahnya juga kaku kalo ngomong Jawa. Berbahasa Jawa pasif gitu lah. Ketika berbicara dalam bahasa Jawa, otak saya itu harus berpikir dua kali. Pertama berpikir kata-kata apa yang mau diucapkan kemudian menerjemahkannya dalam bahasa Jawa. Dengan kata lain, gelagepan deh kalo ngobrol dalam bahasa Jawa. Apalagi kalo Bahasa Jawa Kromo. Give Up..T_T 

Tentu kalian akan bertanya-tanya, tidak pernahkah di sekolah belajar bahasa Jawa.Oh saya jawab, tentu saja pernah. SD dan SMP saya masih dapat mata pelajaran bahasa Jawa. Dan saya benar-benar ga ngerti. Paling kalo yang hapalan-hapalan itu saya bisa, kaya nulis Aksara Jawa, menghapal nama anak hewan, menghapal dwilingga (kata ulang). Pokoknya selama sifatnya masih bisa dihapal, saya masih ngerti lah. Tapi kalo sudah di luar hapalan itu, seperti menjadikan kalimat Jawa ngoko ke Jawa Kromo, saya ga ngerti. Arti kalimatnya pun juga ga ngerti. :DD Makanya seneeng banget waktu SMA sudah ga ada pelajaran satu itu. Alhamdulillaah. :)) 

Terus bagaimana dengan di rumah..Tidak perlu ditanya lagi, bahasa pengantar kami di rumah adalah bahasa Indonesia. Kadang campur-campur sih dengan bahasa Jawa, tapi Jawa ngoko, dan itu jarang-jarang sekali dipakai. Itulah kenapa saya ga begitu pinter bahasa Jawa.

Kemudian 3 tahun terakhir ini, ketika memasuki dunia kerja. Lingkungan pergaulan jelas sudah berbeda. Sekarang lebih banyak orang-orang yang usianya lebih tua. Dan seperti saya bilang, teman-teman saya di Jakarta itu sebagian besar itu adalah orang Jawa, jadi berkomunikasi dalam bahasa Jawa adalah hal yang biasa. Lama-lama akhirnya mikir juga, kalo lama-lama ga bisa bahasa Jawa, tampaknya ga sopan juga. Ga mungkin terus-terusan diajak ngobrol dalam bahasa Jawa, balesnya pakai bahasa Indonesia. Atau ngobrol dnegan orang tua pakai bahasa Jawa ngoko (saya lebih bisa bahsa ngoko sih daripada kromo). Sebagai informasi, dalam bahasa Jawa, ada tingkatannya. Jadi, berbicara dengan teman sebaya atau yang lebih muda, akan berbeda dengan bebicara kepada orang yang lebih tua atau yang lebih dihormati. Nah, bahasa yang digunakan ini yang kadang sulit. Saya sih terkadang sulit mencari diksi yang tepat. Kesalahan memilih diksi bisa berakibat fatal. Bisa jadi kita dusnggap tidak sopan. 

Atas ketidakbisaan ini, saya pun jadi bertekad untuk belajar bahasa Jawa. Hmm..mungkin tepatnya bukan belajar dari nol ya. Tapi mulai mengakrabkan diri dengan bahasa Jawa, mulai nJawani lah. Supaya lidah juga ga kaku kalo ngomong dalam bahasa Jawa. Akhirnya saya berpikir belajar bahasa Jawa menjadi tuntutan tersendiri. Ga lucu banget kan, kalo ngobrol dengan orang yang sepuh, beliaunya udah pakai bahasa Jawa alus, trus saya nya sok sok pakai bahasa Indonesia. Sekali lagi saya merasa ga sopan aja. Wong jelas-jelas orang Jawa, tapi kok ga bisa bahasa Jawa. Selain itu, bahasa Jawa cukup efektif untuk tawar menawar dengan pedagang :D. Nih ya, kalo di Jawa, mau beli ngomongnya pakai bahasa Indonesia, kadang dimahalin, soalnya pedagangnya tau banget klo yang beli itu pendatang. Nah, kalo pakai bahasa Jawa, suasana tawar menawarnya jadi lebih akrab dan enak. Kadang jadi lebih mudah nawar (ga selalu lo ya..tapi dalam beberapa kasus ya begitu). Alasan lainnya, ini sih paling saya takutkan, jikalau saya dapat mertua orang Jawa yang berbahasa Jawa aktif, gawatlah. Nanti saya ga bisa berkomunikasi dengan baik :D (alasan ga penting, tapi penting banget). Realistis aja sih, saya kan orang Jawa, jadi peluang untuk dapat orang Jawa kan besar juga. Jadi belajar bahasa Jawa itu merupakan salah satu program persiapan untuk menuju kesitu  :))  #jadi malu

Berita baiknya, belakangan ini saya udah lumayan bisa bahasa Jawa :D. Dalam percakapan sehari-hari mulai membiasakan menggunakan kosa kata bahasa Jawa. Walaupun baru satu atau dua kata tapi setidaknya mulai membiasakan diri. Mulai bisa juga bicara agak panjang dengan Bahasa Jawa Kromo. Bisa juga bicara panjang dengan bahasa Jawa Ngoko tanpa dibilang aneh (horeee..medoknya udah dapet). Semoga seiring berjalannya waktu, semakin fasih berbahasa Jawa. Ga ada lagi komentar saya aneh ngomong Jawa. :DD


Nb:
eh eh, beberapa waktu lalu, masih ada sih teman saya yang komentar begini, "Annisa itu suka ngaku-ngaku orang Jawa tapi ga bisa Bahasa Jawa". Ya, saya sih mau bilang, bukannya ga bisa, tapi mungkin kita jarang aja ngobrol dalam bahasa Jawa. Lagipula saya butuh partner bicara yang super medok dan njawani banget biar saya kepancing untuk ngomong bahasa Jawa.. :D  #masih ngeles

pict from here









5 komentar:

  1. wah,, itu sih kaya anakku,, umi-abinya sunda, eh,, giliran matpel sunda nilainya paling kecil,, malu-maluin emaknya... hehe...

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Hahah..sambil ngantuk sih nulisnya..:D

      Matur nuwun..sampun kulo edit..ngapunten menawi tasih wonten ingkang typo..:))

      Hapus
  3. matur suwun sanget Mbak...aku pun bangga dengan bahasa jawa, namun untuk praktik ternyata masih sulit...apalagi kalau bercerita tentang Jual Senapan Gejluk Pare Terbaru Harga Murah sangat sulit untuk pakai bahasa jawa

    BalasHapus

tinggalkan jejakmu disini ^^