Minggu, 09 Agustus 2020

Adab Sebelum Ilmu: Silent Reader

 Pekan ini saya memasuki wahan kedua dalam perjalan di Pulau Cahaya Bunda Sayang. Tugas kali ini adalah menceritakan internalisasi diri dalam berkomunitas berdasarkan prinsip dan CoC Ibu Profesional. Sebelumnya materi disampaikan dengan apik oleh mbak Yani dan mbak Ratna. Sejujurnya ada beberapa poin yang membuat saya tertampar. Diantaranya adalah menjadi pasif. Barangkali ini memang menjadi kelemahan saya, ga hanya berkomunitas di IP tapi hampir di semua komunitas yang saya ikuti. Bahkan dari semasa sekolah dulu, saya termasuk siswa yang pasif. Awalnya saya pikir it's okey menjadi pasif selama saya bersungguh-sungguh belajar, tapi senampaknya setelah materi CoC kemarin saya harus merubah sudut pandang saya. 

Adab sebelum ilmu. Menjawab salam widyaiswara, nampaknya hanya persoalan sepele, tapi ini merupakan salah satu contoh dari adab. Memberikan respon, ini salah lain yang sejujurnya jarang saya lakukan. Bukan karena saya merasa sudah pandai, atau menyepelekan ilmu, tapi ini adalah masalah kebiasaan. seringkali memang saya terlalu menikmati menjadi silent reader. Kebiasaan akan sulit dirubah, tapi insya Alloh saya akan bersungguh-sungguh untuk berubah. Semangat !!




0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^