Kamis, 20 September 2012

Random Story

Sore itu di sebuah sudut mall di Jakarta.. Duduk berdua menikmati teh sambil bercerita banyak.. Tentang kuliah, pekerjaan, rencana-rencana kami..Dari hal yang ga penting sampai hal yang penting..Jarang memang kami bisa mengobrol berdua dalam waktu yang agak lama seperti sore itu..

#1
Namanya seniman, kerja itu spontan. Begitu ada ide muncul, harus langsung dikeluarkan saat itu juga, kalo ditunda-tunda, idenya bakal ga jadi. Kaya pelukis, begitu ada ide harus langsung melukis, kalo ditunda ga bisa jadi lukisan. 

Namamu itu dapetnya spontan, hanya beberapa menit waktu Pa adzan di telingamu. Waktu itu, Pa cuma terpikir surat An Nisa' dan surat Ar Rum. Jadilah namanya Annisaningrum.Yuliastuti nya ya karena lahir di bulan Juli. Jadinya artinya wanita yang baik yang lahir di bulan Juli. Sebenernya namamu itu berat artinya.

Setelah lebih dari 24 tahun, Pa baru cerita begini..Baru terjawab pertanyaan kenapa namaku bisa jad campuran Arab-Jawa dan kenapa pula nulisnya harus digabung gitu..Jadi sejarahnya dari situ rupanya..

#2
Tadi itu Pa baru kepikiran buat ke kantor X, pas solat Dhuha tadi pagi. Tadinya ga berencana kesana. Cuma selesai solat Dhuha tiba-tiba liat tulisan kantor itu, terus inget punya temen disana. Punya ide untuk nyambungin proyek ini kesana. Ya gitulah kerjanya, tiba-tiba berpikir spontan nyambung dari lingkaran ini ke lingkaran sana. Pa bisanya cuma begitu. Sistem kerjanya kaya orang dagang. Belajarnya ya dari pengalaman. Ketemu orang ini, orang itu. Banyak belajar lah. Ada yang ngira Pa tuh orang ekonomi, padahal enggak. Ya belajarnya gini-gini aja..

Skill itu diperoleh dari pengalaman, bukan sekedar dari pendidikan akademis. Dan tentunya ga lupa sama Alloh. Jika Alloh ga berkehendak, Pa pasti ga akan kepikiran buat datang ke kantor X itu.

#3
Persamaan Pa sama Jokowi itu sama-sama punya kemauan keras dan mimpi. Orang itu ga bisa hidup kalo ga punya mimpi. Pa bisa nyambung dengan orang-orang seperti itu. Dulu waktu ketemu dia, pas masih jadi walikota Solo, ya ngomong bentar langsung sama-sama nyambung. Mungkin karena ada persamaan diantara kita. Kalo ketemu sama orang-orang kaya gitu, Pa bisa langsung nyambung. Dulu waktu masih muda, Pa mau buat pameran sama temen-temen. Diarahkan untuk langsung ketemu pak Adam Maik (waktu itu beliau adalah wakil Presiden). Pa beraniin aja ketemu dia. Disana diterima dengan baik, diajarin dan dikasih pengarahan macem-macem. Sejak itu jadi terinspirasi banget sama pak Adam Malik.  Tapi kalo ketemu sama orang-orang birokrat malah agak kaku.

#4
Pa itu punya temen orang Cina yang ngajakin kerja sama. Orang Cina itu bilang, "belajarlah sampai ke Negeri Cina.. dan ga usah jauh-jauh, aku ini orang Cina.." Selanjutnya, si orang Cina itu bilang ke Pa, dalam agamamu itu (baca: aIslam) dibilang orang yang harus dihormati itu ibumu, ibumu, ibumu, baru ayahmu. Yasudah, sekarang kita ke tempat ibumu untuk minta restu dulu, habis itu kita kerjakan proyek ini. Dan harus yakin bakal berhasil. Ni di kitabmu aja ditulis begitu (fyi, si orang Cina itu baca terjemahan Al Quran). Sebenernya waktu itu Pa ga yakin dengan proyek itu, si orang Cina itulah yang menyakinkan Pa. Akhirnya sih proyek itu Alhamdulillah berhasil.

Inti ceritanya sih, orang non muslim seperti orang Cina itu mengimplementasikan isi Al Quran untuk kepentingan dunianya. Dia berusaha menyinkronkan hubungan dengan Alloh dan manusia. Miris ketika lihat orang muslim sendiri yang baca Al Quran tapi kurang bisa mengimplementasikannya.

#5
Ini kenapa harus tujuh itu ada alasanya. Tujuh itu kan pitu (bahasa Jawa), maksudnya supaya mendapat pitulungan (pertolongan) dari Alloh. Ya nanti kalo ga tujuh ya sembilan deh. Sembilan itu kan jumlah pemuka agama di Jawa, wali songo itu. Diusahakan nanti jumlahnya tetep ganjil.

Pa itu filosofis. Hampir semua yang Beliau buat, kaya lukisan, hiasan di rumah, logo, selalu ada filosofinya..

#6
Jadi, kapan pulang lagi...??

Pertanyaan yang selalu ditanyakan kalo ketemu. Dan sedih deh kalo Pa itu udah mulai tanya gini, " Nduk, besok kalo kamu uda nikah bakal sering-sering pulang ga? " :'(



Selalu suka dengan momen singkat seperti ini. Walaupun suasana pertemuan kami belakangan ini sudah agak berbeda.. Dan sepertinya memang tidak akan pernah sama seperti dulu lagi..

2 komentar:

  1. kira2 kapan bapak ngobrol ma aq yaa?? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mb. aku tuh sebenernya kalo lagi berduaan sama Pa, juga jaraang ngobrol..Seringnya diem-dieman..ga rame kaya ngobrol sama Ma...
      Setelah kuliah dan kerja, intensitas ngobrol emang jadi agak banyak (walaupun masih dikategorikan sedikiit dan jaraang).. Dan belakangan ini sih, berusaha meningkatkan intensitas ngobrol... :D

      hmm.. klo boleh saran, coba deh mulai sms ga penting. Klo pas ultah, ya sms aja ngucapin ultah, ato tiba2 kasih kado..ntar lama2 bisa mencair..

      Cara ayah mengungkapkan kasih sayang itu unik.. ^^

      Hapus

tinggalkan jejakmu disini ^^