Rabu, 11 Juli 2012

Jadi..Kamu kapan....?

Menjelang bulan Ramadhan,bulan baik untuk menyelenggarakan hajat..Termasuk hajat penikahan..Nah,di waktu-watu ini nih entah sudah berapa undangan pernikahan dari teman-teman yang saya terima.Hampir tiap pekan adaa aja undangan walimah..Yang pada akhirnya ga bisa seluruhnya saya datangi satu per satu..Entah karena waktunya bersamaan,atau jaraknya terlalu jauh,kadang juga saya pas ada acara lain..Jadi ga bisa hadir deh..Tapi insya Alloh doa saya selalu.menyertai kalian semua..:))  ngeles

Implikasi dari sibuk menghadiri walimah ini,selalu adaa aja pertanyaan usil, "jadi kamu kapan..?".. Atau komentar yang ga kalah usilnya seperti," iih,kondangan mulu..jadi.kapan dunk dikondangin.."...Dan yang lebih usil lagi, " kamu udah calon belum sih..? cari dunk..terus buruan nikah..jangan terlalu menutup diri gitu dong.."...atau begini "udah,jangan banyak pilih-pilih ntar malah ga dapet loh"..Fyuuh..menghadapi serangan pertanyaan yang kadang bikin dongkol..Lebih dongkol lagi kalo yang nanya begituan juga belum nikah..-_-"

Pernah ada masa-masa dimana saya sangat-sangat sensi menghadapi serangan pertanyaan demikian..Bayangpun yang nanya dari temen-temen deket dan jauh, keluarga besar dan kecil..Kayaknya semuanya tiap kali ketemu adanya pertanyaannya cuma satuu itu,kaya ga ada pertanyaan lain aja..Bikin makin galau aja sebenernya..-_-"

Tapii..seiring dengan berjalannya waktu,saya pun harus semakin dewasa menyikapinya..*haish.. Mencari positifnya saja..Bahwa sebenarnya mereka itu sayaang sekali dengan saya..Mereka sangat perhatian dengan saya..Dan perhatiannya itu mereka tunjukkan dengan cara seperti itu..Percayalah..bahwa mereka pun ingin melihat saya bahagia kok,bukan sebaliknya..:) Dan ga sedikit juga yang iseng menjodoh-jodohkan diriku..Ah ya,itu kan bukti kasih sayang mereka..Dinikmati saja..^^

Seiring berjalan waktu pula,paradigma saya tentang pernikahan semakin banyaak bergeser..Pernikahan itu bukan ajang perlombaan menang atau kalah..Ini nih yang dulu sering buat dongkol juga..Kalo ada teman yang yang udah menikah dulu..komentarnya,"wah kamu kalah..udah keduluan sama si A"..Masalahnya pernikahan itu kan bukan ajang perlombaan..Setiap orang akan punya waktunya sendiri. Dan bahwa jodoh itu juga bukan sekedar masalah perasaan,tapi pertemuan dengan orang yang tepat pada waktu yang tepat..Banyak cerita teman saya yang awalnya sama sekali belum terpikir untuk menikah,tetapi tiba-tiba jodohnya datang,semuanya dipermudah.Dan akhirnya menikah..Jadi..sekali lagi saya katakan bahwa urusan bertemu dengan jodoh dan menikah adalah hak Alloh yang pasti akan diberikan dengan caraNya..Hmm ya. saya jadi ingat ada sebuah  tulisan menarik dari Fahd Jibran tentang Jodoh. Seorang mbak shalihat juga pernah menasehati kami bahwa jodoh itu yang penting adalah menemukan seseorang yang menenangkan hati. Masalahany ga semua yang terlihat baik itu dapat menenagkan hati. Itulah yang disebut kesejiwaan.

Lagipula, menikah itu juga bukan tujuan atau akhir dari segala penantian..Menikah itu justru awal..Menikah itu adalah berhenti sebentar untuk menjemput teman yang akan menemani dalam perjalanan selanjutnya. Karenanya menikah itu bukan sebatas pada keinginan..

Dan ketika ditanya apakah kamu ga ingin menikah? Ya bohong kalo saya jawab enggak ingin..Saya bahkan sudah punya keinginan itu sejak sebelum melanjutkan kuliah ekstensi saya.Tapi Alloh lebih tau kesiapan saya..Alloh belum mempertemukan saya dengan jodoh saya hingga saya hampir menyelesaikan kuliah saya..Tapi kalo dipikir-pikir malah bersyukur..Soalnya sepertinya saya juga ga akan sanggup berumah tangga sambil kuliah setiap malam..Alloh Maha Baik kan..Dia tidak akan membebani seseorang di luar kemampuannya..Jujur juga saya bilang bahwa pikiran seperi ini ga langsung muncul kok..Iyaa duluu ya sempet galauu banget..tapi banyak proses dan pembelajaran yang terjadi dari waktu itu hingga sekarang..insya Alloh banyak hikmahnya...:)

Terus berhubung tahun ini,insya Alloh saya akan menyelesaikan kuliah,sudah pasti pertanyaan itu akan lebih banyak ditanya lagi..Tapi sekarang sekarang ini berusaha untuk lebih tenang menjawabnya..Dan dengan penuh hormat,saya mau bilang bahwa saya lebih suka didoain aja daripada ditanya kapan nikah..? Bukan..bukan galau kok..tapi siapa tau doa-doa dari teman-teman sekalian ini yang akan didengar Alloh..siapa tau dari sekian banyak doa tersebut sampai ke langitt, menggetarkan 'arsyi dan akhirnya dikabulkan oleh Alloh..Wallohua'lam.. :))

Yang jelas saya yakin, Alloh akan mengirimkannya pada waktu yang tepat.  Bahwa pemilik tulang rusuk akan mengetahui dimana tulang rusuknya berada.. Itulah sejiwa..

Dengan menyebut nama Alloh yang menggenggam hartaku,jiwaku, dan agamaku..Ya Rabb, jadikan aku ridho terhadap apa-apa yang Engkau beri dan jadikan barokah terhadap apa-apa yang Engkau tetapkan..Hingga aku tidak ingin menyegerakan apa yang ingin Engkau tunda, dan menunda apa yang ingin engkau segerakan..





nb: tulisan ini dibuat bukan dalam rangka saya galau..Hanya pengingat diri saja untuk selalu mensyukuri apa-apa yang Alloh berikan..:))
Published with Blogger-droid v2.0.6

6 komentar:

  1. insyaAlloh semua akn ada hikmahnya. saat masih sendiri qta bs beribadah pada Alloh dg semaksimal mungkin, karn setelah menikah tentunya akn ada hal lain yg hrs kita perhatikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ummi..masih banyak yang harus dipelajari dan dipersiapkan sebelum menikah..dan masih banyak yang bisa disyukuri selama masih single ini..
      Tapi mohon doanya ya ummi, semoga urusan yang satu ini dipermudah..terlalu lama single dan hidup merantau begini, lama2 ga aman juga.. ;)

      Hapus
  2. Ntar kl udah menikah, pertanyaannya ganti kayak yang di iklan-iklan itu, hihihi :D

    kapan kamu punya anak?
    kapan kamu punya rumah?
    kapan kamu punya anak lagi?
    kapan kamu punya mobil?
    kapan kamu punya anak lagi lagi?
    sampe pertanyaannya terulang lagi dg subyek yg berbeda, kapan anakmu nikah?

    hihihi, gak ada habisnya :D

    di balik itu semua yang terpenting adalah mengokohkan keyakinan kita kepada Allah bahwa ketentuan Allah adalah yg terbaik & Allah tidak akan pernah menyia-nyiakan ketaatan dan keikhlasan hamba-Nya, tentu saja disertai ikhtiar dan doa terbaik kita :)

    BalasHapus
  3. saya juga kapan ya? hmmm ^_^
    samaaa....selalu bersyukur dg apa yg diberi skrg
    alhamdulillah.....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada waktu yang tepat insya Alloh..
      semoga dimudahkan dan didekatkan Alloh untuk bertemu 'teman' :))

      Hapus

tinggalkan jejakmu disini ^^