Senin, 25 Agustus 2014

Kami Dibilang Nekat Nikah

"Ningrun karo Iqbal ki nekat kok...."
Jeeeng..pernyataan itu kemarin terlontar dari bude saya, ketika kami mengunjungi beliau. Ceritanya, waktu itu kami lagi ngobrolin pacarnya sepupu saya, yang menolak diajak nikah sama sepupu saya, karena masih pengen kerja dulu, ngebiayain kuliah adeknya dulu, beli rumah dulu. Sudah dilobi sih sama sepupu saya, kalo masalah rumah belinya berdua aja. Eh tapi sang pacar tetep ga mau. Yah, mungkin maksudnya menolak sepupu saya dengan halus. Mungkin juga sang pacar ini ngeliat sepupunya baru aja nikah. Calon suaminya ini sarjana sih, tapi pengangguran, tapi sudah dijanjikan dapat 20 petak kontrakan dari orang tuanya kalo nikah ( yaaa, klo 1 pintu 1 juta/bulan, asumsinya 20 pintu itu keisi semua, sebulan bisa dapat 20 juta. tanpa kerja, uang datang sendiri !!).Bisa jadi, si pacar sepupu saya itu pengennya punya suami kaya suaminya sepupunya itu. Wallahua'lam..

Intinya sih, akhirnya kami, saya dan mas, jadi kena kesimpulan seperti di atas itu. Nekat nikah..Hmm..iya sih, waktu nikah kami itu ga punya apa-apa, ga punya rumah, ga punya mobil, yang bagi sebagian orang paling ga dua hal itu harus dimiliki dulu sebelum nikah.

Sampai rumah, saya ngobrolin ini sama Mas. Kami sih sepakat, walaupun saat itu-sampai sekarang sih- ga punya apa-apa, kami itu ga nekat nikah. Dari sudut Mas, dia nikah karena memang sudah ingin menikah, sudah mampu menghidupi keluarga, dan yang pasti sudah dapat izin untuk  menikah. Dari sudut pandang saya, saya juga sudah ingin menikah, sudah cukup umur, dan sudah disuruh menikah. Waktu itu, untuk menetapkan kriteria suami, saya juga ga mengharuskan suami saya itu punya rumah atau mobil dulu. Bahkan saya mikirnya, masalah rumah atau mobil itu kan nanti lebih enak bisa dipikir bersama. Jadi memulai pernikahan dari titik nol 9bersyukurlah yang mulai menikahnya tidak dari titik nol, tapi titik 10 atau 20...). Mengusahakannya bersama..  Terus nanti pas sudah tua, pasti bakal jadi kenangan indah, bagaimana kami survive hidup (membayangkan orang tua saya dan Mas jaman masih susah sampai hidup sekarang..rasanyaa buat mereka pasti nostalgic banget).


Yaa, sekali lagi mungkin ini hanya perbedaan persepsi tentang standar mapan. Saya ga menyalahkan juga sih, kalo ada orang yang standar mapannya itu punya rumah atau mobil. Sama sekali ga. Tapi kalo udah pacaran terus menunda nikah hanya karena belum punya rumah dan mobil. Rasanya kok gimanaa gitu.. Kelamaan pacaran, iya kalo jadi, kalo ternyata ga jadi gimana. Belum lagi harus menanggung dosa pacaran. zzz.. (Kalo sepupu saya itu sih, akhirnya jadinya putus karena ga mau diajak nikah..Alhamdulillah..)

Jadi yaa, walaupun dalam persepsi orang lain kami ini dibilang nekat, 1 1/2 tahun menikah, kami merasa bahagia dan baik-baik saja. Walaupun kami belum punya rumah, belum punya mobil, hidup masih segini-segini aja, tapi rasanya kami baik-baik saja. Kami ga pernah merasa kekurangan. Dengan segala keterbatasan ekonomi kami saat ini, kami masih sungguh sangat bersyukur, masih bisa makan hari ini, ga pusing makan apa besok (pusing milih menu sih, yaa alhamdulillah masih bisa memilih), masih bisa pulang kampung nengok orang tua, masih bisa berbagi, masih bisa jajan2 dan jalan2, kalo sakit masih bisa langsung berobat..Walaupun ga punya rumah, tapi Alhamdulillah dapat rumah kontrakan yang lumayan oke dengan harga miring dan empunya rumahnya baiik banget. Walaupun ga punya mobil, Alhamdulillah masih ada motor., masih bisa ngerasain naik angkutan umum. Rasanya sih hidup kami baik-baik saja, malah masih harus lebih banyak lagi yang bisa disyukuri :)

Dan walaupun saat ini kami "nekat" dan ga punya apa-apa, tapi kami berencana kok untuk punya apa-apa. Bagaimanapun juga, standar kayanya seorang muslim itu ada 4, istri shalihah, rumah yang lapang, kendaraan yang kuat, tetangga yang baik (Semoga saat ini suamiku sudah punya yang no 1 dan 4..Aamiin). Jadi insya Alloh kami akan berusaha mencapai standar tersebut. Semoga Alloh meridhoi keinginan kami..

Jadi ya, bagi para single yang memang sudah ingin menikah dan sudah mampu menikah, berdoalah semoga kalian segera menemukan jodoh dan menikahlah. Jangan jadikan harta sebagai penghalang untuk menikah (apalagi kalo udah pacaran). Untuk para jejaka, jika kalian sudah memiliki kemampuan ekonomi dan sudah ada wanita yang membuat kalian tertarik, segeralah lamar. Kalo ditolak, atau si wanita minta nikahnya  nanti-nanti nunggu punya rumah atau mobil, cari wanita lain saja. Untuk para gadis, jika ada pemuda datang melamar kalian, dan tidak ada alasan menolaknya, terimalah dia. Ga masalah jika pemuda itu belum punya apa-apa. Insya Alloh nanti dia akan memiliki apa-apa. Tapi kalo ternyata pemuda itu sudah punya apa-apa, ya bersyukurlah :)

Yang pasti percayalah bahwa menikah itu akan membukakan rizki. So, dont be afraid. Janji Alloh itu pasti ;)


2 komentar:

tinggalkan jejakmu disini ^^