Jumat, 15 Agustus 2014

Belajar menyatakan keinginan

..Menjadi istri dan ibu itu ga pernah ada sekolahnya...Tapi belajarnya harus seumur hidup..

Dan disinilah saya yang sedang belajar untuk menjadi istri dan ibu yang lebih baik. Peran yang saya jalani ini masih seumur jagung jadi sangat wajarlah jika ilmu yang saya miliki pun masih seujung kuku. Maka tak heran jika ada sedikiit saja masalah atau sentilan, respon saya masih cukup heboh, masih suka emosi.

Disinilah saya, yang dari kemarin cuma bisa diam di depannya, tapi selalu berkeluh kesah di depan suami. Suami saya sampai bosen kalo saya lagi mengeluh hal itu lagi-hal itu lagi. Mau bagaimana lagi, saya yang ga enakan mau ngomong langsung, akhirnya ada apa-apa cuma bisa kesal.

Awal kedatangannya semua baik-baik saja. Seluruh pekerjaan rumah beres. Berhubung beliau suka masak, jadi saya serahkan juga urusan dapur kepadanya. Dia juga telaten mengasuh Nadya. dan bagi saya yang paling penting adalah Nadya bisa dijaga dengan baik. Untuk urusan rumah, kalopun ga beres-beres amat ga apalah. Namanya juga kerja sendirian. Jadi pada awal itu, kami, saya dan suami, sangat puas dengan hasil kerjanya. karenanya kami percayakan urusan rumah dan Nadya kepadanya selama kami kerja.

Mungkin disini awal masalahnya dimulai. Saya tidak tegas dan jelas memberikan pengarahan mengenai apa-apa yang harus dikerjaan. Pertama karena bagiamanapun juga dia itu tante saya, jadi saya pikir saya ga mau terlalu banyak menuntut minta ini itu. saya tetep harus hormat dong ke beliau. Kedua, dia itu jauh lebih tua dari saya, pengalamannya sudah banyak. Jadi untuk pekerjaan rumah dan mengasuh anak, dia sudah merasa jauh lebih senior daripada saya. Ketiga, jelas saya  tipe orang yang ga bisa nyuruh-nyuruh. Jadilah sejak beliau dateng pekerjaan itu tahu sama tahu saja. Berhubung rumah juga sudah beres, jadi sayanya ga terlalu turun tangan. Ketika di rumah saya lebih suka main sama Nadya daripada harus memikirkan urusan rumah yang lain. Ini yang kemudian saya sadari sebagai kesalahan paling besar.

Beberapa bulan berlalu..Semakin kesini  kami menyadari bahwa pekerjaan tante saya itu semakin menurun. Terutama untuk pekerjaan rumah sih. tapi pikir kami wajar lah, Nadya sudah semakin besar. sudah bisa kemana-mana jadi pastilah capek kalo siang. jadi kami ambil pusing juga. Toh kami masih bisa bantu-bantu sedikit untuk urusan rumah. Tapi hal ini berbanding terbalik dengan pekerjaan mengasuh Nadya. Kalo dulu jaman Nadya masih bayi banget, adanya disuruh tidur melulu. Kalo sekarang suka diajak nyanyi-nyanyi, main, masih diajarin lah pokoknya. Dan saya liat tante saya itu sayang banget sama Nadya. Beberapa kali Nadya dibelikan mainan atau kaos kaki. Di satu sisi, seneng dong ya, berarti Nadya kalo ditinggal-tinggal aman. Di sisi lain jelas, saya merasa sangat cemburu (wajar kan ya).

Dan di titik inilah kegalauan makin menjadi.. Kepercayaan yang kami berikan membuatnya jadi agak "berani". Entahlah, mungkin saja ini hanya karena ego saya. Belakangan beliau menjadi semakin dominan. Sayanya jadi sering kalah suara. Untuk urusan rumah, saya ngalah deh.Terserahlah beliau pengennya apa. Tapi kalo untuk menyangkut Nadya, saya ga mau. Nadya tetap harus ikut aturan-aturan dari saya. Itupun kalo saya bilangin, kadang mental. Mungkin di mata beliau, saya ini banyak banget larangan. Jangan ini, jangan itu..

Puncaknya sih kalau weekend, dan waktu-waktu dimana saya bisa main sama Nadya (pagi dan malam masih bisa curi-curi waktu sedikit main sama Nadya) Nadya sering "diambil" , entah diajak main atau dibawa jalan. Apalagi kalo tetiba Nadya rewel (namanya anak kecil ya, biasa aja kan), ga tedeng aling-aling langsung ambil selendang dibawa keluar. Perasaan saya saat itu, iih rasanya benar-benar tidak dihargai. Merasa jadi ibu ga guna banget. Nenangin anaknya nangis aja ga bisa. eh tapi bukannya ga bisa, lha gimana, belum diapa-apain udah langsung dibawa kabur aja. Terus kenapa saya diem aja waktu dibawa pergi. Sebenernya bukannya diam, tapi sudah saya bilang, suara saya kalah keras sama beliau. Akhirnya mental... :'-(

Di titik-titik tertentu kadang saya merasa sangat gagal berperan sebagai istri dan ibu. Masalah seperti ini saja jadi "masalah" banget. Padahal mungkin jika dilihat dari sudut padang yang berbeda, ga sebesar yang saya rasakan. Dan bisa jadi apa yang saya tulis di atas itu, terlalu berlebihan (jelas ini, kan saya ceritanya pakai sudut pandang subjektif). Suami saya bilang hanya cukup menjalin komunikasi yang baik. Menyatakan keinginan saya kepada beliau, saya maunya begini begitu. Nah, masalahnya sulit bagi saya untuk menyatakan keinginan seperti ini. Disinilah saya harus belajar. Belajar menyatakan keinginan...

*noted

2 komentar:

  1. aih anica,, kayanya hampir semua ibu bekerja samaan ya problemnya,, semangat anicaa,, semoga anica bisa lebih tegas lagi yaa ngungkapin keinginannya,,

    BalasHapus

tinggalkan jejakmu disini ^^