Jumat, 02 Mei 2014

Lulus S1 ASIX


Lulus S1 ASIX mungkin bukan hal yang wah, ataupun patut dibanggakan. Toh saat ini banyak juga para ibu melakukan hal yang sama. Tapi bagi saya, Nadya berhasil lulus asi eksklusif itu, merupakan sesuatu yang apa ya, istilahnya, bukan bangga atau sombong juga sih, tapi mungkin penyemangat saja untuk selalu memberikan yang terbaik untuk Nadya.

Banyak cerita para ibu yang berjuang keras demi asix putra-putrinya. Mungkin perjuangan saya ga sehebat para ibu-ibu disana. Saya hanya perlu sedikit keras kepala sama eyangnya Nadya dan membuktikan bahwa working mom pun asih bisa memberikan ASI untuk anaknya. Secara jaman saya kecil dulu, belum ada tuh acara perah ASI. Yang ada sejak ditinggal kerja saya udah kena sufor dan mpasi dini. Alhamdulillah sampai sekrang masih hidul dengan sehat. Aamiin.. :D 

Tentang perjuangan nyetok ASIP, perjuangan ga sekeras para ibu di luar sana yang bisa punya stok beratus-ratus botol. Sampai sewa deep freezer. Stok ASIP Nadya, cuma 1 freezer kulkas dua pintu. Yang kalo saya hitung-hitung sampai kebutuhan per harinya, mungkin stok ASIP nya ga ada sebulan. Stoknya segitu-segitu aja. Ga pernah terlalu berlebihan, ga pernah juga terlalu kurang sampai harus kejar tayang. Walaupun belakangan ini sering juga hasil perah saya defisit. Nadya minum bisa 6 botol sehari, saya paling cuma bisa produksi 4-5 botol. Tapi ya Alhamdulillah sampai sekarang cukup aja. Semoga sampe Nadya 2 tahun tetap cukup.. Hmm..mungkin juga ini karena doa saya. Jadi saya pernah berdoa, supaya stok ASIP untuk Nadya cukup, ga perlu berlimpah. Doa ini pun diamini papanya Nadya, yang mikir kalo ASIP nya berlimpah ga ada tempat buat nyimpan :D
Jika ada satu hal yang membuat saya kecewa selama 6 bulan perjalan ASI Nadya adalah saya menghalalkan dot di awal. Waktu itu karena masih di Magelang, saya ga enak kalo Eyangnya Nadya harus repot-repot belajar nyuapin Nadya pakai sendok.  Jadilah saya ijinkan Nadya pakai dot. pikir saya, belajarnya nanti aja kalo udah sampai Jakarta, biar langsung pengasuhnya Nadya yang coba nyuapin eh tapi ternyata saya salah perhitungan, cuti saya ga bisa mundur, akhirnya cuma 4 hari saya kembali ke Jakarta trus langsung masuk kantor. Waktu itu belum jadi belajar juga karena stok ASIP dari Magelang sampai Jakarta mencair semua. Jadinya 4 hari ngejar stok ASIP dulu untuk ditinggal ke kantor, ga ada alokasi ASIP untuk belajar Nadya. Awalnya pengasuh Nadya menyanggupi untuk nyuapi Nadya pakai sendok, karena beliau sudah pernah nyuapin bayi pakai sendok. Tenanglah saya. Hari pertama kerja itu, akhirnya karena pengasuhnya juga repot, nyuapinnya pakai sendoknya cuma sedikit. sisanya pakai dot. Yasudahlan saya pikir. Dan akhirnya yang ditakutkan terjadi juga, Nadya bingung puting. Sampai akhirnya kami ke dokter laktasi dengan pengasuhnya tentunya. Dari situ, disuruhlah nyuapin Nadya pakai sendok. Pengasuh Nadya sudah mau belajar. Porsi penggunaan dot sudah semakin sedikit. Ketika progressnya sudah jalan bagus, eh pengasuhnya ini harus pulang, Ganti pengasuh. Dengan pengasuh yang baru, ga terlalu telaten nyuapin. Sampai sekrang sudah dipesesin kalo Nadya itu udah pinter pakai sendok atau cupp feeder. BAhakn beliau sendiri setuju kalo Nadya bisa pakai sendok. Tapi entah kenapa susah juga lepas dari dot. Hasilnya sampai sekrang sudah 3 kali Nadya bingung puting... :'(  Pelajaran utnuk anak selanjutnya, mungkin ga usah disedian dot aja. Langsung belajar pakai sendok/cupp feeder. saya yakin kok, bayi itu cepat belajar...  :)

Terlepas dari satu hal itu, saya sangat-sangat berterima kasih atas dukungan orang-orang di sekitar kami. Papanya Nadya yang sangat pro ASI, selalu membuat mamanya Nadya bahagia biar ASI nya banyak. Ga pernah menolak kalo mamanya minta dipijit laktasi :D. Pengasuhnya Nadya juga yang sudah bercapek-capek nemenin Nadya selama mama papanya ngantor. Yang mau direpotin masalah penyajian ASIP untuk Nadya (yang tentunya ga serepot menyajikan sufor ya).  Nenek-Latok dan Eyang Kakung-Putrinya Nadya yang selalu berdoa dan memberikan semangat supaya Nadya bisa full ASI. Lingkungan kantor yang mendukung, aa ruang pumping, dapat waktu pula untuk pumping. Senang rasanya punya lingkungan yang mendukung ASI begini.. semoga juga Nadya masih akan terus mendapat ASi sampai 2 tahun..Dan setelah lulus ASi eksklusif ini lanjut ke MPASI (homemade tentunya)..






Kami memang tidak bisa menjadi orang tua yang sempurna, tapi kami akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak kami :')

2 komentar:

  1. selamat makan nadyaaa! semoga bisa sampe S3 yaaa,, :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...
      semangat juga bundanya Fadhil..semoga Fadhil juga lulus S3..

      Hapus

tinggalkan jejakmu disini ^^