Rabu, 19 Februari 2014

Birth of Nadya

Setelah tiga bulan lebih, tetiba aja pengen nulis cerita lahirannya Nadya. Padahal tadinya ga ada niatan nulis beginian. Tapi yasudlah mumpung ada greget nulis, siapa tau bertahun-tahun mendatang Nadya (dan adik-adiknya) bisa juga baca tulisan ini :) 

Sejak awal hamil, sudah diperkiraan bahwa hari perkiraan lahirku tanggal 20 Oktober 2013. Menjelang akhir kehamilan, dokter yang di Jakarta memprediksi lahirnya sekitar tanggal 22-26 Oktober. Namanya juga prediksi, bisa meleset kan ya. Demi amannya, saya ambil prediksi awal tanggal 20 Oktober, ini sebagai dasar mengajukan cuti. Ya walaupun akhirnya agak curang, saya mulai mengajukan cuti tanggal 19 September :D (padahal harusnya baru bisa cuti tanggal 20 September kan ya). Dan tanggal 20 September meluncurlah saya dan mas ke Magelang karena memang sudah berencana untuk melahirkan di kampung halaman.

Hari-hari yang damai di Magelang menunggu kelahiran buah hati. Damai soalnya ga mikir kerjaan, bisa berleha-leha sepuasnya. di akhir kehamilan itu bawaanya ngantuk, pegel, dan males. Iya, males mau ngapa-ngapain. Jadinya sepanjang cuti itu bersenang-senang saja, pengen tidur ya tidur. Pengen makan ya tinggal makan. pokonya damaiii.. Eh, kecuali satu hal, selama cuti ini terpaksa pisah sama mas. TT

Menjelang 20 Oktober 2013
Masih merasakan kumpul-kumpul di hari raya idul Adha. Hampir seluruh keluarga sudah siap menunggu kelahiran si baby. Pengennya lahiran pas deket-deket Idul Adha gitu jadi pas keluarga yang jauh juga lagi kumpul di Magelang. Qodarullah, belum waktunya si baby lahir. ditunggu berhari-hari ga ada tanda-tanda sama sekali.Rasa yang dinanti ga kunjung datang. Itu tuh, gelombang cinta yang katanya maknyus itu ga berasa sama sekali. Padahal perut udah terlihat turun, posisi bayi sudah bagus, sudah mulai masuk panggul. Paling rasanya baru kenceng-kenceng aja, konon katanya itu yang dinamakan braxton hicks. Kontrol dokter 2 minggu sebelum tanggal 20 Oktober, dokternya sudah kasih surat pengantar kalo sewaktu-waktu keluar flek, ketuban pecah, atau mules datang. Klo belum berasa juga, tanggal 21 disuruh balik kontrol (soalnya tanggal 20 nya hari libur).Mas yang udah berusaha nungguin di Magelang dari hari raya Idul Adha jadi galau, pengennya nungguin istrinya ini lahiran, tapi ga mungkin juga cuti lama-lama.

21 Oktober 2013
Sesuai kata dokter, Senin ini saya kontrol lagi ke dokter. setelah di USG dokter bilang plasentanya sudah mulai mengapur, tunggu sampai tanggal 23 Oktober. Kalo sampai tanggal segitu belum ada tanda-tanda juga, terpaksa harus induksi, itu pun kalo masih pengen melahirkan dengan normal. Wew, lumayan panik. Membayangkan katanya diinduksi itu kan sakiit banget ya.. Mendengan berita itu, berusaha tetep tenang sambil telp mas yang masih di Jakarta. Kata mas, besok coba kontrol dulu aja ke dokter lain cari second opinion.Jadilah besoknya mencoba kontrol ke dokter lain. Kata dokter kedua ini, plasentanya memang sudah mulai mengapur tapi bisa ditunggu sampai hari Sabtu dengan tetap menghitung gerakan janin. Fyuuh, oke kami putuskan untuk ikut kata dokter ini. Kalo sampai Sabtu ga keluar juga, berarti ya mungkin saatnya induksi.

Hari-hari selama sepekan itu, jadi sedikit tegang. Masih berusaha untuk lahiran secara normal, makin banyak jalan-jalan, senam hamil, goyang Inul, ngobrol sama bayi supaya cepet keluar. Tetap aware dengan gerakan janin. Baca-baca cerita lekahiran lewat waktu. Dan itu sedikit banyak membuat saya semakin yakin bahwa si bayi ini memang belum pengen keluar.

26 Oktober 2013
Due date.. Sampai Sabtu ini sama sekali belum ada tanda-tanda. Tapi mau ga mau tetap kembali kontrol ke dokter. sabtu ini rencana ke dokter yang kedua,walaupun agak tegang tapi masih sedikit santai. Pasrah juga sih kalo hari ini mungkin emang harus induksi. Bayangan saya nih, saya kan belum pernah melahirkan. Jadi mau sakit kaya apa, tetep aja judulnya sakit kan. Jadi kalau diinduksi rasanya sakit banget dan lebih sakit daripada proses normal, dalam pikiran saya sih ya jatuhnya tetep sakit kan. Jadi seharusnya ga masalah dengan rasa sakit.

Janjian pukul 09.00 dengan sang dokter, eh tapi ternyata ditunggu beberapa lama si dokter ga muncul-muncul. Belakangan dikabari kalo dokternya lagi operasi, jadi baru bisa datang sekitar jam 12.00. Kecewa sih, kenapa ga dibilang dari tadi. Mana nunggu udah lama ini. Tapi lega juga, karena ada jeda waktu lagi, siapa tau tetiba ada keajaiban, trus berasa deh gelobang cintanya. Tapi harapan tinggal harapan.. Pukul 12.00 balik lagi ke rumah sakit untuk ketemuan sama dokter. Hasilnyaaa...dokter memvonis hari itu juga untuk diinduksi karena sama sekali belum ada tanda-tanda, plasenta sudah mengapur, dan belum ada pembukaan sama sekali. Yasudlah pas di ruang dokter itu, saya dan mas sudah ikhlas. Kayaknya sudah rela kalo mau induksi hari itu, Jadinya kami memutuskan untuk masuk ke rumash sakit ba'da ashar. sudah sempat mau book kamar juga,tapi ternyata belum boleh.

Benarkah saya sudah pasrah dan ikhlas..? ternyata tidak, Justru ketika sampai rumah (mampir dulu ding, ke rumah eyang) dengar banyak masukan dari bude, tante, sepupu, saya malah jadi stres. Kesel juga sih, udah dikabari sorenya saya mau masuk RS, mau induksi, bukannya disupport, didoain, malah ditakut-takutin kalo induksi bakal sakit banget, sc aja. Begitulah saya yang punya tingkat stres tinggi tetiba down. Langsung dunk nangis. Rasanya pengen cepet sampe rumah, bobok siang, trus sore ke RS,ga mau lagi denger omongan-omongan negatif. Pelajaran deh, jangan denger omongan-omongan negatif biar ga semakin down atau semuanya akan semakin kacau.

Sorenya, setelah alhamdulillah berhasil bobok siang dengan suksesnya, bangun-bangun udah lumayan seger dunk. Kami, saya, mas, dan mama, ngobrol lagi. sore itu harus segera mengambil keputusan untuk induksi. Setelah berbincang-bincang santai, akhirnya diputuskan untuk kalopun induksi, di rumah sakit pertama pertama aja soalnya rumah sakit itu rasanya lebih homy. Jadinya kami ga jadi masuk rumah sakit kedua, dan memilih untuk balik ke dokter pertama supaya nanti kalo dirujuk induksi hari itu sudah langsung masuk rumah sakit. dokter pertama baru praktik malam setelah maghrib, jadi masih ada sedikit waktu untuk siap-siap.Bersiap membesarkan hati, bersiap menerima keputusan, dan yang pasti siap untuk melaksanakan induksi.

Penantian menunggu nomor dipanggil...Berusaha santai, masih sempat minum ronde :D Sampai akhirnya nomor antrian dipanggil. Begitu masuk dokternya kaget, soalnya belum ada tanda sama sekali. Begitu USG, area plasenta yang mengalami pengapuran makin luas. Tapiii..kali ini rekomendasinya benar-benar tak terduga.. Kata dokter, :tunggu aja ya sampai Sabtu depan, kalo belum lahiran juga ya terpaksa diinduksi". Wow banget..Alhamdulillaaahh..masih diberi tenggat waktu lagi sama dokternya...soalnya masih sangat yakin, insya Alloh masih bisa lahiran normal. yakin..yakin..yakin.. !!

Pulang dari dokter, berasa legaa..bahagiaa... :D Seneng tapi masih harus mengeluarkan effort pemberdayaan diri untuk merangsang lairan secara normal. Makin giat melaksanakan berbagai latihan yang merangsang kelahiran. Terus berhubung masih ada seminggu lagi, berarti Mas harus balik dulu ke Jakarta untuk rencana pulang ke Magelang minggu depannya.

 31 Oktober 2013
Tengah malam..
Hampir terbangun tiap satu jam, soalnya perutnya sakit. Rasanya perutnya keras, durasinya cuma 1 menitan. Lagi mikir, jangan-jangan ini udah mulai kontraksi yaa...Tapi rasanya ngantuk juga.. Ah, sudahlah sambil dihitung frekuensinya. Kalo beneran kontraksi, harusnya makin rapat.Berusaha untuk tidur, tapi ga bisa tidur pulas karena tiap jam pasti kebangun...

Paginya, rasa sakitnya masih ada. Tapi masih menyempatkan diri untuk jalan-jalan seputaran lapangan bola. Sambil nahan sakit. Kalo sakitnya datang, berhenti dulu. Waktu itu belum ada yang tau kalo udah mulai kontraksi. Habisnya takutnya pada heboh :D Pulang jalan-jalan, masih sempat makan mangga. Terus berpikir untuk segera tidur. Habisnya ngantuuk. Pikir saya, kalo hari ini beneran lahiran, paling ga saya harus mempersiapkan tenaga, makanya  butuh tidur. Maak nanti pas lahiran ngantuk siih :D. Tapi ya tetep ga bisa tidur. Kontraksi datang makin rapat, sekarang udah tiap setengah jam..Terus ga berapa lama udah tiap 15 menit. Saatnya telp Mas yang masih di Jakarta. Begitu telp dengan santainya Mas bilang mau pulang malamnya naik kereta (soalnya emang udah rencana pulang Kamis malam itu, Jumat mau ijin ga ngantor).

Pukul 11.00
Kontraksi masih tiap 15 menit dengan durasi makin panjang. Telp mama yang lagi di kantor ngabarin kalo udah mulai kontraksi. Ga berapa lama mama pulang, bilang ke RS nya kalo udah flek atau pecah ketuban aja biar tenang, ga panik nunguin di RS. Oke  lah setuju. Kami masih sempat makan siang bareng terus solat dzuhur jamaah. Selesai solat itu, baru ke toilet dan ternyata sudah keluar flek. Oke, perjuangan dimulai, pikirku. Ini saatnya...

Ga menunggu waktu lama, kami- aku, mama dan papa- segera ke RS. Sampai sana langsung di cek ternyata udah bukaan 3. Wow, alhamdulillah. Kata bidannya, sesuai teori tiap 1 jam pembukaannya nambah 1, jadi kemungkinan setelah maghrib lairannya. fyuuh. Kembali telp MAs mengabarkan berita terbaru. Mas baru panik, akhirnya ga jadi naik kereta malam, segera cari pesawat, yang ternyata baru ada jadwal ke Jogja pukul 18.00. Yasdahlah. Padahaaal, pengennya pas saat-saat itu ada Mas yang nungguin. Tapi mungkin karena ga ada Mas itu rasanya jadi merasa lebih tabah. Kalo ada Mas kan bawaannya jadi manja ya.. :D Dari ujung sana, Mas cuma pesenin, kalo pas kontraksi datang, jangan nangis, jangan teriak-teriak, istighfar aja. Simpan tenaganya. Pesen itu tok yang saya inget, dan itu yang bikin tabah. 

Pukul 15.00
Rasa ontraksinya makin maknyuus. Udah ga nahan, antara rasa akit kontraksi dan pengen pup. Karena ga nahannya panggil bidan lagi. Di cek lagi masih bukaan 3. Apaaa..!! udah dua jam masih bukaan 3 TT. Terus bakal molor dunk lairnya, kataku. Sang bidan menenagkan,katanya belum tentu juga. Terus dikasih pencahar, katanya biar pup dulu. Setelah dikasih pencahar, agak lega. Karena pas mules itu ada yang bisa dikeluarin :) Selama hampir 2 jam, kerjaan saya cuma bolak balik toilet aja..sampai sekitar pukul 17.00 karena ada pasien lain, saya ga bisa pake toiletnya lagi. Akhirnya baring aja di tempat tidur sambil merasakan gelombang cinta yang semakin menjadi. Berganti-ganti posisi, dari miring, telentang, nungging, kaang-kadang sampe peluk mama kenceng-kenceng. Nafas udah tinggal separo-separo. Udah ga bisa diajak ngomong. Waktu Mas telp, pengen ngabarin kalo udah di bandara, denger kaya gitu, udah makin panik.

Pukul 18.00
Rasanya udah bener-bener ga tahan. Bidan dipanggil lagi, dan ternyata udah bukaan 9. Alhamdulillaaah. Udah boleh ngeden.. Alhamdulilllaah. Mama ngabarin Mas, kalo udah mau proses lairan tepat saat Mas mau naik ke pesawat. Ketika proses ngeden dimulai rasanya legaa banget. Bahkan sampe diselingi becanda dan ngobrol-ngobrol sama bidannya (saya memang minta lairan sama bidan soalnya dokternya cow :D ). Mama dan bidannya sampe heran, lagi sakit-sakit begitu masih sempet ngobrol :D. Yaa saya pikirnya sih ga mau dirasain sakitnya. Soalnya yang berasa emang bukan sakit tapi pegel. jadinya ya berusaha enjoy dengan prosesnya. Ngeden sekuat tenaga, disemangatin sama mama dan bidannya. Katanya kepalanya udah keliatan, terus lebih kuat lagi ngedennya -belakangan baru dikasih tau mama kalo pas itu sebenernya kepala bayinya belum kliatan. Cuma dikasih semangat aja. karena begitu hampir nongol langsung digunting dan bayi ditarik sama tangan bidan -_-"

Ga sampai satu jam, bayi yang nanti itu keluar. Alhamdulillah..Allohu Akbar.. Rasanyaaa...amazing banget. Bayi yang 9 bulan di dalem perut itu akhirnya keluar juga. Begitu keluar langsung nangis. Ga sempet IMD soalnya saya nya dudul (ga usah diceritain deh, dudulnya :D ). Yang penting keluar bayinya sehat, sempurna. Alhamdulillaah banget. setelah keluar sempat saya peluk sebentar untuk kemudian dibersihkan sama bidan. Ga berapa lama diaksih lagi ke saya. Bayinya lucuu banget. imuut.Udah ga berasa lagi sakit kontraksi yang tadi. cuma syukur dan syukur aja.  Happy to be a new mother :)) selanjutnya Nadya diadzanin sama papa, soalnya Mas masih di pesawat :D

Proses melahirkan belum selesai, masih ada sesi menjahit yang katanya sakiit banget, melebihi sakit waktu ngeluarin bayi. Tapii tenryata...ga sama sekali. Maksudnya ga sakit sama sekali. Apa karena dibius ya.. Ga tau lah, yang jelas selama proses menjahit itu, daripda saya bete (udah ga ada yang nungguin di ruang bersalin), saya udah pegang hp aja. Telp bapak mertua-yang ternyata ga diangkat, terus sms mama mertua (ga telp soalnya mama mertua lagi menjalankan ibaah haji, takutnya pas lagi prosesi ibadah apa gitu) yang kemudian malah mama mertua yang telp. Habis itu ngabarin teman-teman via grup WA. Jadi selama menjahit itu, blas ga ada rasanya. Ga usah nanya saya dijahit berapa. Soalnya bidannya ga mau ngasih tau. Katanya banyak gitu aja.. Yowislah, yang penting ga sakit :p Selesai menjahit masih harus observasi 2 jam soalnya hb saya rendah, khawatir kalo tiba-tiba terjadi pendarahan. Saat observasi itulah, Mas baru datang TT. Ga apalah..semua sudah terlewati. Yang dinanti sudah hadir. Toh saya pikir kalo Mas ada, bisa jadi Mas ga tega juga liat prosesnya :))

and the strory goes...
3 bulan sudah menjalani hari-hari bersama Nadya.. Ada rasa cemas, khawatir, lelah saat-saat awal kehadirannya. tapi diantara rasa itu, tentulah rasa bahagia yang paling mendominasi. Semoga kami, papa dan mamanya Nadya mampu menjadi orang tua yang shalih dan menshalihkan keturunan kami. Aamiin.. :-*

Fresh from the oven


0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^