Rabu, 15 Oktober 2014

Trust

Per 6 Oktober 2014, saya resmi ditinggal suami saya, ditinggal dinas maksudnya, Insya Alloh dinasnya berakhir 17 Oktober 2014. Yap, 2 minggu dong ditinggal. Ini dinas terlama suami saya sejak kami menikah. Sejak tanggal itu pula, saya mesti pulang pergi ke kantor sendirian. Yang biasa saya tinggal  bonceng suami, sejak ditinggal itu saya mesti bawa motor sendiri. Iya, saya bawa motor sendiri. Terdengar biasa aja sih, tapi bagi yang kenal saya, pasti agak-agak heboh juga ketika tahu saya bawa motor sendiri. Komentarlah mereka, "hah, bawa motor sendiri, emang bisa..", "beneran Nisa bawa motor sendiri, kirain ga bisa naik motor" dan sebangsa itulah. Ini belum ya kalo keluarga Cemputut tahu. Mereka aja sampai sekarang mungkin masih sanksi kalo saya bisa naik sepeda  :p

Perkara saya naik motor, saya ceritakan sedikit ya. Sebenernya saya udah belajar naik motor sejak jaman SMP. Waktu itu dipaksa-paksa belajar sih sama ortu. Sampai akhrinya bisa. Eh tapi tetep ya, sampai saya SMA saya ga pernah diijinin pakai motor di jalan raya. Pernah beberapa kali minta ijin buat keluar, biasalah butuh les kah, atau beli apalah, bawa motor, tapi ga pernah diijinin. Alasannya di jalan ramelah, ngerilah, bla..bla..bla.. Dana begitulah karena tak dapat ijin dengan alasan di jalan itu menakutkan, saya jadi ter mind set dong, di jalan itu ngeri (padahal itu jaman saya masih di Magelang, yang mana lalu lintasnya ga serame di Jakarta). Sampai akhirnya saya kerja di Jakarta, saya pernah juga minta ijin beli motor biar enak pergi kuliah (waktu itu saya kuliah malam, habis pulang kantor, merasa bete kalo naik kopaja yang leletnya ampunan), dan tentu saja ga dapat ijin dong. Jalan di Magelang aja ga boleh, apalagi jalan di Jakarta. Tapi yasudahlah, saya pikir, kayaknya saya takut juga kalo harus jalan di jalan serame Jakarta :D

Setelah menikah, kami baru beli motor. Sebelumnya suami saya juga ga diijin bawa motor sama ortunya :D Cuma ya setelah menikah agak repot juga ya kalo ga punya kendaraan sama sekali. Pilihannya jatuh ke motor bebek. Waktu alasan saya biar saya bisa pake juga (gaya banget yaa). Ga mau matic karena saya emang ga pernah pake matic. Awal-awal punya motor itu, suami saya sudah nawarin kalo mau pake, tapi ya secara udah bertahun-tahun ga pernah bawa motor, ada rasa takut. Belum lagi ga berapa lama setelah itu, saya hamil. Makin ga berani dong nyobain bawa motor sendiri. Dan waktu bergulir sampai akhirnya minggu lalu itu, suami dinas 2 minggu. 2 Minggu itu berarti 10 hari kerja. Karena mesti berangkat sendiri, pilihannya mau naik angkot atau naik ojek. Kalo naik angkot saya mesti berangkat pagi banget dan nanti sampai rumah agak lebih lama. Belum lagi  kalo sore-sore gitu, di angkot biasanya penuh, jalanan macet, dan angkotnya suka anjut-anjut (apa sih bahasa Indonesianya). Jadi hampir selalu kalo pulang kantor naik angkot itu, sampai rumah saya udah keringat dingin aja dan mual.  Kalo sepuluh hari mesti kaya begitu, ga enak banget. Pilihan kedua, naik ojek. Paling enak emang naik ojek. Bisanya kalo pas saya ga bisa pulang atau pergi bareng suami, saya naik ojek. Nah, ga enak adalah ongkosnya. Tarif ojek sekali pergi atau pulang antara 25-30 rb. Berarti kalo pp naik ojek 50-60 rb/hari. Nah kalo 10 hari kerja pp naik ojek,bisa habis 500-600 rb dong. Ngebayangin bakal keluar duit segitu rasanay eneg. Gaji ga seberapa masa 500 rb habis buat transport 10 hari doang. Atas dasar kepepet itulah saya memberanikan diri untuk bawa motor sendiri. Tentunya atas ijin suami.

Beberapa waktu sebelum suami saya dinas, beberapa kali sih suami nanya, beneran ga mau bawa motor sendiri. Saya sok mantep aja bilang iya. Saya balik nanya, "Mas percaya ga, aku bisa bawa motor sendiri". dia menjawab," Iya, Mas percaya kok". Tau ga sih, suami saya cuma bilang bahwa dia percaya, itu sangat cukup membuat saya merasa percaya diri loh. Efeknya luar biasa. Suatu waktu ketika dia berpamitan dia berkata kepada saya," Sebenernya Mas khawatir kamu naik motor sendiri, tapi kamu harus belajar mengambil risiko. Kamu harus keluar dari zona nyaman. Ga kaya sama orang tuamu, mereka lebih memilih kamu berada di zona nyaman kan..". Dalam hati saya mengiyakan, karena ga mungkin selamanya saya berada di zona nyaman seperti kemarin-kemarin pulang pergi tinggal nungguin suami, diantar jemput kemana-mana. 

Dan begitulah kekuatan sebuah kepercayaan, Alhamdulillah sampai hari ini saya baik-baik saja, tidak menemui kendala berarti selama perjalanan pulang pergi rumah-kantor. Saya belajar menghadapi ketakutan saya di jalan raya. Terkadang suatu hal itu ga perlu dipikirkan atau dibayangkan, tapi cukup dijalani saja. Sebangsa betapa takutnya dulu saya membayangkan kalo naik motor di Jakarta harus nyelip-nyelip diantara mobil. Maka ketika saya menjalaninya, toh ternyata saya bisa, walaupun belum lincah, tapi setidaknya saya sudah berusaha. Berusaha untuk tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Haha iyaa.. Saya takut kalo diri saya dalam bahaya, tapi saya lebih takut jika saya membahayakan orang lain di jalan. Semoga tidak ya.. :D

Dan pelajaran terbesar saat ini adalah trust. Belajar untuk percaya. Bahwa saya hidup dibawah orang tua yang kadang tidak memberikan kepercayaannya kepada saya, maka saya memang tumbuh menjadi manusia yang tidak percaya diri dan tidak berani mengambil risiko. Bukan hanya masalah mereka tidak percaya saya bisa bawa motor, tapi memang saya amati orang tua saya cenderung untuk membawa saya selalu berada di zona nyaman. Saya pikir ini bukan kesalahan karena orang tua manapun pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Saya juga tidak menyalahkan mereka kok. Hanya  saja saya ingin anak-anak saya kelak dapat memilih apapun yang mereka inginkan dan memastikan bahwa mereka mampu untuk menghadapi risiko dari setiap pilihan mereka. Dan itu artinya saya harus belajar untuk memberikan kepercayaan untuk mereka.





0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^