Kamis, 30 Juni 2011

Hujan di Penghujung Juni..

Hujan di penghujung Juni..Mengingatkanku pada hujan malam itu..Malam yang basah dan dingin..Hujan deras menyambut ketika metromini yang membawaku pulang masih dalam setengah perjalanannya..Jakarta yang hujan itu sudah akan banjir dan macet.. Fyuh..hujan pikirku..Berjuta pikiran negatif masuk dalam otakku. Sebelum benar2 benar sampai kos, masih harus ganti metromini sekali lagi. Hujan deras ini tentu akan membuat basah, biarpun sudah berpayung ria. Belum lagi nanti mesti nunggu metromini penuh..tidak nyaman sekali rasanya harus berhujan-hujan di jalan seperti itu. Belum lagi pemadandangan di jalan, para pedagang yang sibuk menyelamatkan barang dagangannya, tukang ojek yang mesti tetep mangkal sambil bermantel ria, tukang bajaj yang setia menanti penumpang sambil menahan dingin di dalam bajajnya..Aku bilang hujan banyak membuat orang merasa susah..

Belum berakhir sampai di situ mengeluhnya. Sampai di terminal Senen, ganti metromini. Beberapa anak kecil masih berlarian di terminal itu, sambil membawa payung. Mendekati penumpang-penumpang yang turun dari metromini. Yup, mereka sedang mencari rizki dengan menjadi ojek payung. Hal pertama yang ada dalam pikiranku adalah kasihan..iyaa, kasihan..anak-anak kecil itu harus berhujan-hujan demi mencari uang. Apa ga sakit hujan-hujan seperti itu. Apa ga ngantuk sudah semalam itu masih cari uang. Iyaa...apalagi coba selain merasa kasihan dengan mereka..Hujan ini...banyak meninggalkan sendu..

Tapi...ternyata apa yang aku pikirkan itu salah..Salah besar..jika yana aku pikir mereka itu menderita, itu ga sepenuhnya benar. Hujan bagi mereka jusru memberikan kebahagiaan sendiri. Jika hujan turun sama artinya mereka akan mendapat uang..Uang dari hasil menyewakan payung. Hasilnya mungkin tak seberapa, tapi itu sudah akan membuat mereka bersyukur atas rizki itu. Bukankan sejatinya hujan itu adalah berkah dari langit. Bukankah waktu hujan itu adalah salah satu diantara waktu yang mustajab untuk berdoa..Apa pula yang harus dikeluhkan tentang hujan jika hujan itu justru mebawa kebaikan..Air hujan itu menyucikan..Dan dengan hujan kebun-kebun akan tumbuh subur...

Astaghfirullah..astaghfirullah..tak seharusnya aku menggerutu tentang hujan..Maha Besar Allah atas Segala nikmatNya..tak ada yang diberikan Allah selain kebaikan darinya..Allahu Akbar..



Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan air "hujan" dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya. (QS. 30:24) 
Ar Ruum,ayat 48

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu disini ^^